Tinggal di lingkungan yang panas dan lembap membuat mayoritas perempuan Indonesia memiliki masalah pori-pori wajah yang besar dan terbuka. Belum lagi, persoalan ini bisa berujung pada munculnya komedo, whitehead, dan yang paling menyebalkan adalah jerawat. Duh, bikin kesal, kan?

Namun, sayangnya, pori-pori tidak bisa hilang begitu saja. Mereka tidak seperti pintu yang bisa dengan mudah dibuka dan ditutup. Jadi, jika ada produk perawatan kulit yang mengklaim bisa menghilangkan atau menutup pori-pori, khususnya dalam waktu singkat, jangan langsung percaya!

Apa yang membuat pori-pori kulit wajah kita besar?

Kenapa pori-pori kulit kita bisa tampak besar dan terbuka? Studi berjudul "Facial Pores: Definition, Causes, and Treatment Options" tahun 2016 mengatakan ada tiga penyebabnya:

  • Produksi sebum yang berlebihan.
  • Elastisitas kulit di sekitar pori-pori menurun.
  • Volume folikel rambut bertambah sehingga pori-pori tersumbat.

Selain itu, faktor genetik, paparan sinar matahari, usia, dan kebiasaan malas membersihkan wajah juga bisa membuat pori-pori tampak besar.

Satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah pori-pori tersebut adalah dengan meminimalkan residu yang bisa menyumbatnya. Contohnya sebum, debu, kotoran, bakteri, hingga sel kulit mati. Dengan begitu, pori-pori pun tampak lebih kecil dan tersamarkan. 

Penasaran apa saja yang bisa kamu lakukan? Dilansir berbagai sumber, yuk, simak cara-caranya berikut ini!

1. Yoghurt juga bisa dipakai sebagai masker. Kandungan asam laktat yang dimilikinya mampu mengurangi sel kulit mati, sehingga pori-porimu tidak tersumbat.

Bermasalah dengan Pori-pori? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Dilakukandok. internet

2. Gunakan putih telur yang sudah dikocok sebagai masker. Bahan tersebut efektif untuk mengencangkan kulit dan mengontrol produksi sebum.

Bermasalah dengan Pori-pori? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Dilakukanwikihow.com

3. Lakukan eksfoliasi wajah maksimal dua kali seminggu. Kamu bisa pakai bahan alami seperti campuran gula dan madu. Tujuannya adalah untuk mengangkat debu, kotoran, dan minyak yang menyumbat pori-pori.

Bermasalah dengan Pori-pori? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Dilakukanbesthealthmag.ca

4. Gunakan pelembap setiap hari meski jenis kulitmu berminyak. Rutin pakai pelembap mampu mencegah produksi sebum yang berlebihan, sehingga pori-pori tampak lebih kecil.

Bermasalah dengan Pori-pori? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Dilakukanelitedaily.com

5. Hindari skincare yang berbahan dasar minyak. Semakin banyak minyak di wajah, maka akan semakin membuat pori-pori terlihat besar. Pilihlah produk yang terbuat dari air atau gel.

Bermasalah dengan Pori-pori? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Dilakukanpinterest.com

6. Jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen! Sebab, paparan sinar matahari dapat merusak kulit yang akhirnya membuat pori-pori terlihat besar dan terbuka.

Bermasalah dengan Pori-pori? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Dilakukanfreepik.com

7. Masker tanah liat atau clay mask juga efektif memperkecil tampilan pori-pori. Masker jenis ini bisa menyerap semua kotoran dan mengencangkan tekstur kulit.

Bermasalah dengan Pori-pori? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Dilakukanskincare.com

8. Gel aloe vera bisa memperkecil tampilan pori-pori. Sebab, tumbuhan tersebut memiliki kandungan emollient dan astringent yang bisa melembutkan dan membersihkan pori-pori.

Bermasalah dengan Pori-pori? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Dilakukanpinterest.com

9. Jangan malas membersihkan wajah pada pagi dan malam hari, apalagi setelah memakai makeup. Ini bertujuan untuk mengangkat semua partikel asing yang berpotensi menyumbat pori-pori.

Bermasalah dengan Pori-pori? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Dilakukan

10. Jangan buang kulitnya setelah makan buah pisang! Usapkan kulit pisang ke wajahmu. Kandungan potasium di dalamnya mampu mengembalikan kekenyalan kulit di sekitar pori-pori.

Bermasalah dengan Pori-pori? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Dilakukanrefinery29.com

Nah, jika kamu menginginkan hasil yang maksimal, lakukan cara-cara di atas dengan rutin, ya! Hasil tak akan didapatkan secara instan. Namun jika kamu konsisten melakukannya, perubahan pasti terlihat sedikit demi sedikit. 

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, kamu juga bisa memperkecil tampilan pori-pori dari dalam tubuhmu. Misal dengan banyak minum air putih, buah dan sayur, serta rajin berolahraga. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul"10 Cara Mudah Mengecilkan Tampilan Pori-pori Wajah, Pasti Berhasil!"