Atasi Masalah Kulit Terlalu Berminyak dengan 10 Cara Ini Yuk!

Sebum lebih terkontrol

Atasi Masalah Kulit Terlalu Berminyak dengan 10 Cara Ini Yuk!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Minyak atau sebum sebenarnya penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Namun jika produksinya terlalu berlebihan, kulit akan tampak seperti kilang minyak! Belum lagi, kondisi itu bisa memicu penyumbatan pori-pori, jerawat, beruntusan, dan komedo. 

Jika kamu tak ingin itu terjadi, ada sejumlah cara yang bisa kamu coba untuk mengontrol produksi minyak pada kulit. Yuk, simak cara mengatasi kulit berminyak berikut ini! Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, kok. 

1. Atur pola makanmu

Mengatasi kulit yang terlalu berminyak tidak bisa dilakukan hanya dari luar. Kamu juga harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuhmu. Sebab, sering kali makanan memengaruhi banyaknya produksi sebum. 

Mengutip Elle, yang sebaiknya kamu lakukan adalah mengurangi konsumsi makanan berminyak, gula, dan susu. Sementara, asupan yang sebaiknya diperbanyak adalah makanan yang mengandung zink, magnesium, vitamin B, dan omega-3.

2. Pakai masker tanah liat atau clay mask

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan masker tanah liat atau clay mask. Kandungan di dalamnya efektif dalam menyerap minyak yang berlebih di dalam pori-pori. Tak hanya itu, melansir Healthline, masker tanah liat juga bisa mencegah pertumbuhan jerawat, komedo, dan whitehead

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here