Mungkin selama ini kamu merasa aman-aman saja karena sudah melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari dengan menggunakan sunscreen atau sunblock. Tapi apakah kamu yakhin sudah menggunakan di antara produk tersebut dengan benar? Apakah kamu juga sudah mengetahui perbedaannya? Jika belum coba simak pengertian sebenarnya dari sunscreen dan sunblock.

Bela, Sudah Tahu Belum? Ini Bedanya Sunscreen dan Sunblock

Sunscreen memiliki kandungan bahan yang berfungsi sebagai penyaring sinar UVA dan UVB. Kandungan bahan di dalam sunscreen  tidak memberikan perlindungan secara maksimal. Sedangkan Sunblock mengandung mineral, zat besi dan antioksidan yang dapat menangkis sinar UV. Pada dasarnya fungsi sunblock adalah seperti pembatas di antara kulit dan sinar matahari yang berbahaya.

Bela, Sudah Tahu Belum? Ini Bedanya Sunscreen dan Sunblock

Sunblock sangat cocok untuk digunakan bagi kamu yang memiliki kulit sensistif karena kandungan bahan didalamnya yang sangat aman dan nggak membuat kulit menjadi iritasi dibandingkan sunscreen. Sebenarnya sunscreen cocok digunakan untuk mencegah kulit terkena sunburn. Untuk pemakaian secara efektif, sunscreen  harus digunakan 30 menit sebelum kamu keluar rumah agar produk menyerap terlebih dahulu. Lalu sunblock  bisa langsung digunakan secara langsung.

Bela, Sudah Tahu Belum? Ini Bedanya Sunscreen dan Sunblock

Seperti yang sudah kamu ketahui Bela, bahwa sinar matahari terdiri dari 2 jenis yakni UVA dan UVB. Dampak buruk sinar UVA memengaruhi ke lapisan luar kulit yang menyebabkan penuaan dan kerutan. Sedangkan sinar UVB dapat menembus hingga ke lapisan kulit yang paling dalam dan mengakibatkan kanker kulit. Nah, untuk perlindungan secara maksimal bisa disimpulkan bahwa sunblock dapat melindungi lebih baik dibandingkan sunscreen. Sunblock memang tidak bisa diukur dengan tingkat SPF, namun pelindung matahari yang satu ini mampu melawan dampak buruk kedua sinar tersebut. Berbeda dengan sunscreen yang hanya melindungi kulit dari sinar UVB saja.

Sekarang sudah tahu kan, Bela? Yuk, lindungi kulit kita sejak dini dengan produk pilihan Popbela di bawah ini

Bela, Sudah Tahu Belum? Ini Bedanya Sunscreen dan Sunblock

1. Innisfree Eco Safety Perfect Sunblock SPF50 PA++ , IDR 174,600.

Produk ini mengadung ekstrak minyak bunga matahari dan teh hijau dari Pulau Jeju yang nggak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari namun sekaligus menjaga kelembapan kulit.

2. Wardah Suncare Sunscreen With SPF30, IDR 34,990.

Jika kamu khawatir dengan kondisi kulit berminyakmu, maka produk ini sesuai untuk digunakan. Pasalnya, Wardah Suncare Sunscreen mengandung ekstrak lidah buaya dan vitamin E yang aman untuk kulit berminyak dan dapat menjaga kulit tetap sehat.

3. Banana Boat Ultra Protect Faces Spf 50, IDR 195,000.

Teksturnya yang lembut cepat meresap ke dalam kulit dan tidak menyumbat pori-pori. Selain itu kandungan perpaduan dari lidah buaya, vitamin E dan C membuat kulit tidak hanya terlindungi dari efek buruk sinar matahari tetapi juga membantu mengembalikan warna kulit lebih cerah.

4. L'Oreal Sunblock UV Perfect Aqua Essence City SPF 50 PA ++++ UV Mist Spray Face, IDR 134,910.

Dikemas dalam botol spray membuat produk ini sangat praktis untuk digunakan dan di bawa ke mana saja. Tak hanya melembapkan kulit namun produk ini juga tidak akan merusak tampilan makeup.

5. The Face Shop Oil Control Sun Cream SPF35PA++, IDR 129,000. 

Produk ini juga cocok untuk digunakan bagi yang memiliki jenis kulit berminyak. Kandungan lidah buaya dan minyak tea tree membuat teksturnya sangat menyegarkan dan ringan sehingga saat diaplikasikan tidak membuat wajah tampak mengilap.

BACA JUGA: Ini 5 Tips Kulit Sehat dari Marischka Prudence Buat Kamu yang Suka Traveling