Bau badan merupakan hal yang akan membuat diri kita dan orang di sekitar merasa tidak nyaman. Untuk menghindari bau badan tentunya kita berusaha merawat tubuh dengan mandi, memakai parfum, dan juga deodoran.

Tahukah kamu bahwa ada pilihan deodoran lain, selain yang biasa kita gunakan dan temui di supermarket? Ya, kamu bisa memakai deodoran natural yang terbuat dari bahan alami. Lantas, apa sih perbedaan antara deodoran biasa dan deodoran natural?

1. Bahan pembuatnya

5 Perbedaan Deodoran Natural dan Deodoran BiasaId.pinterest.com/Margrietnl

Kedua produk untuk ketiak ini terbuat dari bahan yang berbeda. Deodoran pada umumnya mengandung alumunium, sedangkan deodoran natural. sesuai namanya, terbuat dari bahan-bahan alami. 

Banyak informasi yang beredar bahwa alumunium bisa menyebabkan kanker payudara dan Alzheimer, namun belum ada penelitian lebih lanjut terhadap hal tersebut. Yang pasti, penggunaan deodoran dengan kandungan alumunium tidak disarankan terlalu sering karena bisa memicu alergi dan iritasi.

2. Cara kerja

5 Perbedaan Deodoran Natural dan Deodoran Biasafirstcry.com

Kedua deodoran ini sama-sama bisa menahan bau badan, namun deodoran biasa menjaga tubuh tidak bau dengan cara menahan keringat. Sedangkan deodoran natural atau deodoran alami tidak bisa menahan keringat, biasanya produk ini memanfaatkan kandungan yang ada pada bahan alami untuk menetralisir bau tubuh. Hal inilah yang membedakan cara kerja kedua deodoran ini.

3. Kemudahan mendapatkan produk

5 Perbedaan Deodoran Natural dan Deodoran Biasapexels.com/bruce mars

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan deodoran biasa di supermarket bahkan minimarket. Pilihan untuk deodoran ini juga lebih banyak. Sedangkan untuk deodoran natural di Indonesia pilihannya belum terlalu banyak dan masih sulit untuk didapatkan secara online, biasanya kamu harus memesan melalui platform belanja online untuk mendapatkannya.

4. Noda pada baju

5 Perbedaan Deodoran Natural dan Deodoran BiasaPexels.com/Maksim Goncharenok

Seperti yang kita bahas pada poin nomor satu bahwa deodoran biasa mengandung alumunium. Hal ini berpotensi lebih besar untuk meninggalkan stain (noda kekuningan) pada baju. Ini terjadi karena pertemuan antara keringat dengan alumunium. Sedangkan untuk deodoran natural risiko meninggalkan noda jauh lebih kecil.

5. Jenis kulit yang cocok

5 Perbedaan Deodoran Natural dan Deodoran BiasaPinterest.com/Earth911 | Recycling Experts

Apabila kamu selama ini memakai deodoran biasa dan tidak memiliki masalah mungkin produk ini memang cocok untukmu. Namun, jika kamu telah mencoba berbagai produk deodoran dan sering merasa gatal atau alergi, mungkin berarti kamu memiliki kulit sensitif dan lebih cocok menggunakan deodoran natural.

Itulah 5 perbedaan antara deodoran biasa dan deodoran natural. Kamu bisa memilih produk manapun yang membuatmu merasa lebih nyaman dan tentunya percaya diri.

Baca Juga: Baju Tetap Bersih, Ini Cara Menghilangkan Bekas Deodoran

Baca Juga: Anti Bau Badan, Ini 7 Rekomendasi Deodoran yang Bisa Dicoba

Baca Juga: Atasi Bau Badan Tak Sedap dengan 5 Deodoran Berbahan Natural Ini Yuk!