Perawatan kecantikan dan kesehatan pada wajah, rambut, dan miss v mungkin adalah hal yang sudah biasa kita lakukan dan perhatikan. Namun, pernahkah kamu merawat lehermu secara khusus meski hanya sesekali? 

Leher adalah bagian tubuh yang jarang diperhatikan karena kita menanggap ketika mandi dan menggosok leher dengan sabun saja sudah cukup. Namun, sebenarnya leher juga memiliki perawatan khusus nih, Bela. Penasaran seperti apa perawatan khusus pada leher? Yuk simak beberapa poin di bawah ini.

1. Gunakan sunscreen

Jika selama ini kamu merasa hanya wajah yang perlu dipakaikan sunscreen, tentu pendapat tersebut kurang tepat. Saat pergi keluar rumah, leher juga terkena paparan sinar matahari. Aplikasikan sunscreen ke leher agar terhindar dari sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan tanda penuaan dini, bintik hitam, dan iritasi.

2. Perhatikan gerakan kecil

Lipatan dan kerutan kecil di leher bisa terbentuk tanpa kita sadari, contohnya seperti memainkan ponsel dengan kepala agak tertunduk. Biasakan gunakan ponsel secara sejajar dengan mata.

7 Tips Merawat Leher Supaya Mulus dan Awet Mudaharpersbazaar.com

3. Oles krim dengan arah yang benar

Jika cara mengoleskan pelembap pada wajah dengan cara dari rahang ke bagian atas, sama halnya dengan leher. Mengoleskan pelembap pada leher juga dengan cara yang sama. Aplikasikan dengan gerakan ke atas supaya leher tidak kendur.

4. Jangan terlalu sering pijat leher

Pijat memang bagus untuk merenggangkan otot dan melancarkan peredaran darah. Leher adalah bagian tubuh yang kulitnya tipis, waktu yang tepat untuk memijat leher 10-15 menit saja. Terlalu lama dan sering memijat leher dapat membuat kulit leher tegang dan membuat kita kurang nyaman menggerakan leher.

7 Tips Merawat Leher Supaya Mulus dan Awet Mudamedicalnewstoday.com

5. Gunakan masker pada leher sebagaimana wajah

Menggunakan masker pada leher sama khasiatnya dengan wajah. Pada masa pandemi seperti ini kamu bisa menggunakan masker berbahan alami yang ada di rumah seperti campuran putih telur dan madu. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Masker ini berguna untuk menghilangkan garis-garis halus pada leher.

6. Gunakan toner

Toner juga dianjurkan untuk diaplikasikan pada leher. Mengingat sisa kotoran nggak hanya menempel pada wajah tapi juga pada leher.

7 Tips Merawat Leher Supaya Mulus dan Awet Mudawallpaperflare.com

7. Perhatikan parfum yang kamu pakai

Menyemprot parfum pada leher adalah salah satu cara agar wangi tubuh lebih tahan lama. Namun, mengingat parfum memiliki kandungan alkohol, jangan terlalu sering atau terlalu banyak semprot parfum pada leher karena dapat membuat kulit leher kering.

Baca Juga: Bikin Leher Makin Mulus, Ini 5 Produk yang Bisa Kamu Coba