Jangan Panik! Ini 9 Tips Mudah Atasi Jerawat di Bokong

Semua karena celana yang ketat dan basah!

Jangan Panik! Ini 9 Tips Mudah Atasi Jerawat di Bokong

Pernah mengalami jerawat di area bokong atau pantat? Mungkin sebagian dari kamu pernah mengalaminya, Bela. Meski tidak kelihatan, rasanya tentu menyakitkan dan mengganggu, terutama ketika kamu ingin duduk. 

Selain itu, dapat mengganggu penampilanmu ketika sedang berpakaian bikini atau swimwear lainnya. Namun, apakah normal mengalami jerawat pada area bokong? Melansir dari Cosmopolitan, jerawat di area bokong merupakan hal yang normal. Namun sebenarnya, jerawat itu adalah folikulitis, yaitu inflamasi folikel rambut. 

Jadi, memang terasa mirip seperti jerawat, namun berbeda dengan jerawat yang ada pada wajah. Jerawat pada bokong ini memiliki rambut pada bagian tengahnya dan ada bagian benjolan putih yang merupakan sel kulit mati serta sel darah putih.

Apa pun yang menyebabkan gesekan pada pantat dapat menimbulkan jerawat di bagian tersebut. Namun, penyebab utamanya adalah pakaian basah, seperti pakaian renang dan celana yoga, keduanya dapat menyebabkan folikuilitis. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini ada tips mengatasi jerawat di bokong dengan mudah yang dapat kamu lakukan.

1. Menggunakan pencuci berbahan benzoyl peroxide

Jangan Panik! Ini 9 Tips Mudah Atasi Jerawat di Bokong

Para ahli menyarankanmu untuk membersihkan jerawat di pantat dengan produk yang mengandung benzoyl peroxide dengan persentase tinggi karena dapat membunuh bakteri apa pun di kulit yang dapat menyebabkan folikulitis bakterial. Faktanya, benzoyl peroxide juga terkenal sebagai zat bleaching kain. Jadi jika nggak ingin merusak warna pakaian, bilas bersih setelah mencuci pantat menggunakan produk ini.

2. Eksfoliasi kulit, namun jangan menggosoknya

Mungkin kamu ingin mengeksfoliasi area pantat yang sedang berjerawat. Namun, jangan sampai tergoda untuk menggunakan scrub. Sebaiknya, pilih produk eksfolian kimiawi, yang menggunakan bahan AHA (seperti lactic atau glycolic acid) atau BHA (salicylic acid) untuk mencegah sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here