Salah satu cara termudah untuk mendapatkan kulit yang sehat dan berkilau adalah memastikannya tetap lembap atau terhidrasi dengan baik. Kamu dapat melakukannya dengan memakai skincare yang tepat. Namun ternyata, bukan hal yang mudah untuk menemukan rangkaian perawatan yang cocok dengan wajahmu. Setuju?

Ketika memilih produk untuk menjaga kulit sehat dan glowing, kamu pasti akan terpaku pada dua pilihan: Hydrating dan moisturizing. Meski terdengar sama, keduanya memiliki manfaat berbeda, Bela. Melansir dari Self, kandungan hydrating membantu menambahkan hidrasi atau air pada kulit. Sedangkan kandungan moisturizing membantu menjaga hidrasi dalam kulit dengan mencegah kehilangan air trans-epidermal, prosesnya berupa air menguap dari kulitmu.

Beberapa produk, kebanyakan moisturizer, memiliki kombinasi kandungan moisturizing dan hydrating. Namun, perpaduan yang tepat harus didasarkan pada jenis dan masalah kulit yang kamu ingin atasi. Kulit yang cenderung kering akan membutuhkan dua kandungan itu dalam skincare-nya. Lalu, apa saja kandungan yang cocok untuk kulit kering dan kusam?

1. Glycerin

7 Kandungan Skincare Ini Bikin Kulit Kering Jadi Lembap dan GlowingPexels.com/Shiny Diamond

Glycerin adalah humektan, artinya kandungan ini dapat menarik air. Menggunakannya pada tubuhmu membantu menarik air ke dalam kulit. Meski ada banyak jenis bahan humektan lainnya, glycerin adalah kandungan hidrasi yang paling umum digunakan.

2. Hyaluronic acid

7 Kandungan Skincare Ini Bikin Kulit Kering Jadi Lembap dan GlowingPexels.com/Shiny Diamond

Saat ini, hyaluronic acid jadi salah satu bahan populer di dunia kecantikan. Jenis humektan ini dapat menampung hingga 1000 kali beratnya dalam air. Kandungan ini dapat kamu temukan di berbagai produk, dan ahli dermatologis merekomendasikan ini pada pasiennya yang membutuhkan hidrasi.

Kandungan hyaluronic acid ini jarang menimbulkan iritasi karena tubuhmu memilikinya secara alami. Jadi, bagi kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, dapat mencobanya dengan nyaman.

3. Ceramides

7 Kandungan Skincare Ini Bikin Kulit Kering Jadi Lembap dan GlowingPexels.com/Andrea Piacquadio

Ceramides adalah bagian penting dalam stratum corneum, lapisan pelindung alami kulit. Kandungan ini ada di antara sel kulit, membantu menutup lapisan agar menjaga hidrasi serta melindungi dari zat iritan. Kulit yang selalu kering, seperti eksema, memiliki masalah dengan fungsi lapisan ini. Karena itu, para dermatolog memberikan resep perawatan kulit menggunakan kandungan ini.

4. Fatty alcohols

7 Kandungan Skincare Ini Bikin Kulit Kering Jadi Lembap dan GlowingPexels.com/Shiny Diamond

Pada dasarnya, alkohol memiliki reputasi yang buruk dalam dunia kecantikan. Bukan begitu? Banyak yang mengira alkohol membuat kulit kering dan terasa menyengat. Tentu saja bisa! Namun, nggak semua alkohol sama. Ada banyak jenis alkohol di dunia, dan hanya beberapa di antaranya yang digunakan dalam skincare. Untuk manfaat mositurisasi, ada fatty alcohol seperti cetyl dan stearyl alcohol.

Seperti ceramides, kandungan ini juga terdapat dalam lapisan kelembapan kulit secara alami dan membantu mencegah kehilangan air. Fatty alcohol ini dapat kamu temukan dalam produk yang menggunakan ekstrak minyak tanaman atau sayuran.

5. Petrolatum

7 Kandungan Skincare Ini Bikin Kulit Kering Jadi Lembap dan GlowingPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu mengenalnya dengan nama petroleum jelly, Bela. Kandungan yang sudah populer dari zaman dulu ini bekerja sebagai penghalang oklusif dalam skincare untuk membantu mengurangi jumlah air yang keluar dari kulit. Sayangnya, kulit berminyak mungkin kurang cocok dengan kandungan ini karena dapat menimbulkan komedo. Namun untuk pemilik kulit kering, ini adalah bahan esensial yang kamu butuhkan.

6. Squalane

7 Kandungan Skincare Ini Bikin Kulit Kering Jadi Lembap dan GlowingPexels.com/Retha Ferguson

Squalane merupakan kandungan baru dalam dunia skincare yang memiliki sedikit perbedaan dari jenis squalene, yaitu senyawa yang dibuat secara alami dalam tubuh, tepatnya dalam kelenjar sebaceous

Kelenjar ini memproduksi sebum, minyak yang memberikan rasa licin pada kulit namun membantu melindungi dan melembapkannya. Berbeda dengan sebum, squalane terasa ringan pada kulit dan bekerja sebagai emolien, menyerap dengan cepat ke dalam kulit.

7. Lactic acid

7 Kandungan Skincare Ini Bikin Kulit Kering Jadi Lembap dan GlowingPexels.com/Andrea Piacquadio

Lactic acid, selain merupakan eksfolian, ternyata termasuk jenis humektan, Bela. Artinya, nggak hanya membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, kandungan ini dapat memberikan hidrasi pada kulitmu. Namun, jangan jadikan kandungan ini sebagai sumber utama hidrasi kulit karena juga dapat menyebabkan iritasi.

Jika kulitmu kering dan kusam, kamu bisa mencari skincare yang memiliki kandungan di atas ini. Dengan pemakaian rutin, kulitmu keringmu akan berubah menjadi lebih lembap, lebih sehat, dan lebih glowing!  

Baca Juga: Jangan Tertukar, Ternyata ini Perbedaan Kulit Kering & Kulit Dehidrasi