Pori-pori besar jadi salah satu masalah kulit yang cukup mengkhawatirkan. Kondisi itu membuat wajah terlihat tidak halus. Belum lagi dengan tingginya kemungkinan kemunculan jerawat. Karena itu, bagi perempuan yang mengalami hal ini, mereka selalu mencari cara untuk membersihkan dan mengecilkan pori-pori mereka. Kamu salah satunya?

Faktanya, melansir dari Marie Claire, pori-pori nggak bisa dikecilkan. Penggunaan produk perawatan yang diformulasikan untuk menangani pori-pori pun nggak sepenuhnya melakukan hal itu, Bela. Merasa terkejut? Baca fakta berikut!

Ini Fakta Mengenai Pori-pori Wajah yang Perlu Kamu Simak

"Jumlah pori-pori dan besarnya ukuran itu. sudah ditentukan secara genetik," ujar Mano Gohara, M. D., asisten profesor klinik di Yale, "Satu-satunya yang mampu memengaruhi penampilan pori-pori adalah dengan melepaskan DNA-mu, dan itu nggak mungkin dilakukan." Jadi kenyataannya, kamu nggak bisa menghapus atau menghilangkan pori-porimu.

Ini Fakta Mengenai Pori-pori Wajah yang Perlu Kamu Simak

Kebanyakan percaya kalau pori-pori besar disebabkan masuknya kotoran serta sisa makeup ke dalamnya. Dari sini, muncul anggapan jika membersihkan hal yang menyumbat pori-pori dapat mengecilkan bahkan menghilangkannya. Namun, itu semua adalah sebuah kekeliruan yang seharusnya nggak dipercaya, Bela.

Ini Fakta Mengenai Pori-pori Wajah yang Perlu Kamu Simak

Pore strip, produk yang dikenal dapat membebaskan kotoran dari pori-pori, dapat menimbulkan iritasi yang cukup mengganggu kulit. Sebab produk ini merobek lapisan atas epidermis yang dapat merusak perlindungan kulit, memicu inflamasi, meningkatkan produksi minyak, dan memunculkan blackhead. Lalu, apa yang terlihat seperti bintik putih pada pore strip? "Itu adalah sebagian minyak alami kulit dan keratin, hal-hal yang nggak seharusnya kamu tarik dari kulitmu," tutur Dr. Gohara.

Ini Fakta Mengenai Pori-pori Wajah yang Perlu Kamu Simak

Dengan semua fakta ini, bukan berarti masalah pori-pori nggak dapat dirawat, loh! Cara tercepat untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori adalah dengan menggunakan chemical peel. Kandungan asam dalam produk ini bersifat lipofilik, yang berarti mampu masuk ke dalam kulit dan menghilangkan sel kulit mati, minyak, dan bakteri. Perlu diingat kalau produk ini pun nggak dapat membersihkan sepenuhnya, namun cukup ampuh untuk mengangkat kotoran yang menyumbat. Dengan pemakaian rutin, akan menyamarkan pori-porimu.

Ini Fakta Mengenai Pori-pori Wajah yang Perlu Kamu Simak

Selain dengan chemical peel, kamu bisa merawat pori-pori dengan menggunakan peel pads. Gunakan produk itu setiap dua kali dalam seminggu untuk membersihkan minyak yang menyumbat pori-porimu. Sebagai langkah tambahan, kamu bisa mengaplikasikan retinol setiap malam. Skincare ini membantu mengencangkan pori-pori dan meratakan garis-garis halus di wajah.

Kini kita jadi tahu kalau pori-pori besar sulit dikecilkan dan sulit dibersihkan. Namun bukan berarti nggak bisa dirawat, Bela! Pemakaian skincare dengan rutin dapat membantu menjaga pori-pori nggak tersumbat dari kotoran, mencegahnya menimbulkan masalah kulit lainnya.

BACA JUGA: 5 DIY Masker Wajah Alami untuk Bersihkan Pori-pori Tersumbat