Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah, para ahli selalu menyarankan kita untuk mendapatkan perawatan facial secara rutin. Cara  ini dapat membantu melawan stres dan lingkungan, serta beberapa efek dari kebiasaan buruk yang berdampak pada wajah.

Biaya perawatan facial sangat bervariasi, karenanya itu pastikan kamu mendapatkan treatment yang tepat. Bagi kamu yang baru ingin memulai, pastikan nggak melakukan hal ini setelah facial agar manfaat baik perawatan bekerja sempurna pada wajah.

1. Memencet jerawat atau komedo pada wajah

Setelah Facial, Pastikan Kamu Nggak Melakukan 8 Hal IniDok. Oprah
 

Kebiasaan ini memang harus dihentikan, terutama saat wajah selesai mendapat perawatan facial. Kondisi kulit sedang sensitif, dan memencet jerawat atau komedo yang nampak di permukaan berpotensi menimbulkan iritasi. "Kalau staf facial nggak mengeluarkan jerawat atau komedo di wajahmu, tandanya memang masalah wajah itu belum bisa diangkat sepenuhnya," ujar Meghana Prasad, esthetician asal Chicago seperti yang dikutip dari Self.

2. Memakai makeup yang tebal

Setelah Facial, Pastikan Kamu Nggak Melakukan 8 Hal IniDok. Jamie Nelson
 

Dermatologist bersertifikasi Sejal Shah, M.D., menyarankan untuk menjauhkan kulit wajah dari makeup yang tebal selama seharian setelah facial. Sebab kulit baru saja mendapatkan pembersihan secara mendalam, dan pori-pori lebih terbuka dari biasanya sehingga rentan terhadap bakteri. Istirahat dari makeup juga membuat produk skincare yang diaplikasikan dapat bekerja lebih efektif.

3. Masuk ke dalam sauna

Setelah Facial, Pastikan Kamu Nggak Melakukan 8 Hal IniDok. Martha Stewart
 

Setelah facial, memang sangat tepat momennya untuk lanjut mengunjungi spa dan sauna. Namun, Shah kembali menyarankan untuk nggak masuk ke ruangan sauna atau ruangan uap yang panas setelah perawatan ini. Sebab kulit sudah diuap saat facial, dan memberikannya tambahan uap dapat membuat kulit jadi lebih sensitif serta merusak pembuluh.

4. Langsung berolahraga

Setelah Facial, Pastikan Kamu Nggak Melakukan 8 Hal IniDok. victoriassecret.com
 

"Meningkatnya suhu panas dalam kulit dan keringat dapat mengiritasi kulitmu yang baru saja dieksfoliasi," ujar Prasad, "Kalau klienku ingin olahraga setelah facial, aku selalu menyarankan padanya agar menyempatkan diri ke gym sebelum mendapatkan facial sehingga kulit wajah punya waktu untuk pulih."

5. Menggunakan eksfoliator atau face scrub

Setelah Facial, Pastikan Kamu Nggak Melakukan 8 Hal IniDok. Magda Fine Fashion
 

Terlalu sering mengeksfoliasi wajah dapat merusak lapisan pelindung kulit, menimbulkan inflamasi, dan menyebabkan kerusakan yang nggak dapat disembuhkan. Karena proses facial sudah meliputi eksfoliasi, jadi Joshua Zeichner, M.D., director of cosmetic and clinical research in dermatology di Mount Sinai Medical Center menyarankan untuk menghindari produk kecantikan yang dapat membuat iritasi kulit selama beberapa hari setelah facial.

6. Mengaplikasikan produk jerawat dan home-treatment lainnya

Setelah Facial, Pastikan Kamu Nggak Melakukan 8 Hal IniDok. Mattify Cosmetics
 

Produk perawatan rumah seperti face mask, peeling, produk yang mengandung retinol, pembersih dan penyegar yang mengandung salicylic acid, dapat menyebabkan kemerahan pada wajah yang baru saja facial. Para ahli menyarakanmu untuk berkonsultasi dengan esthetician sebelum memakai skincare.

7. Berjemur di bawah matahari

Setelah Facial, Pastikan Kamu Nggak Melakukan 8 Hal IniDok. Fashion Gone Rogue/Photographed by Andrew Yee
 

"Karena kulit baru saja dieksfoliasi, membuatnya jadi lebih sensitif dan rentan pada terik matahari yang berbahaya," ujarPrasad. Beberapa hari setelah facial, baru kamu boleh bertemu dengan sinar matahari. Namun tetap disarankan untuk melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen.

8. Melakukan waxing atau perawatan laser

Setelah Facial, Pastikan Kamu Nggak Melakukan 8 Hal IniDok. Beauty Grace
 

"Proses waxing meliputi eksfoliasi kulit, dan mendapatkan eksfoliasi berlebihan bisa membuat cairan wax mengangkat kulit. Bukannya memberikan hasil indah yang diinginkan, justru meninggalkan luka pada wajah," ujar Prasad. Sebaiknya, menunggu seminggu setelah facial kalau ingin melakukan waxing atau perawatan laser, atau bisa juga berkonsultasi dengan ahli kecantikan yang menanganimu.

Jangan sampai perawatan facial nggak bekerja dengan baik karena lupa menghindari 8 hal di atas ya, Bela!

BACA JUGA: Tak Perlu Operasi, Ini yang Bisa Kamu Lakukan Agar Wajah Lebih Tirus!