Ada banyak alasan yang menyebabkan bibirmu berwarna kegelapan. Mulai dari terkena paparan sinar matahari yang berlebihan, mengalami dehidrasi, efek dari merokok, reaksi alergi pada suatu produk, terlalu banyak mengonsumsi kafein hingga efek dari perawatan atau pengobatan tertentu. Selain pengaruh dari luar, hiperpigmentasi dan kekurangan vitamin juga menjadi beberapa faktor internal yang menyebabkan bibir gelap.

Ada beberapa cara untuk memerahkan bibir gelap, tentunya selain dengan menggunakan lipstik dan sejenisnya. Melansir dari berbagai sumber, ini cara memerahkan bibir hitam.

1. Lip scrub gula dan butter

Nggak Sulit, Begini  Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitamthesun.co.uk

Nggak hanya kulit tubuh dan wajah, bibir pun memerlukan eksfoliasi untuk mengangkat kulit mati. Selain membantu mencerahkan bibir yang gelap, eksfoliasi bibir juga membantu penyerapan produk perawatan bibir lain yang akan kamu aplikasikan.

Kamu bisa menggunakan produk lip scrub yang telah tersedia dan siap digunakan, atau membuatnya sendiri. Mudah, kok, membuat lip scrub di rumah. Mengutip dari Healthline, campurkan 3 sendok teh gula dan 2 sendok teh butter, lalu pijat ke bibirmu selama 3-4 menit. Lakukan secara rutin seenggaknya 3x dalam seminggu.

2. Eksfoliasi dengan baking soda

Nggak Sulit, Begini  Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitamvashtie.com

Selain gula dan butter, kamu juga bisa menggunakan baking soda untuk mengeksfoliasi bibirmu. Mengutip dari Patch, baking soda diyakini dapat membantu mengangkat sel kulit mati serta memerahkan bibir hitam. 

Ambil 1-2 sendok teh baking soda dan masukkan ke dalam mangkok kecil, kemudian tuangkan sedikit air. Lalu, tepukkan secara lembut pada bibir sembari memijat untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah selesai, bersihkan dan keringkan.

Umumnya, bibir akan terasa kering setelah melakukan eksfoliasi. Jadi, lanjutkan dengan mengaplikasikan lip balm atau almond oil untuk mengembalikan kelembapan bibir.

3. Buah stroberi

Nggak Sulit, Begini  Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitambesthealthmag.ca

Buah stroberi yang merah merona dan segar ini dapat membantu mencerahkan warna bibir yang gelap. Caranya, buat past dengan mencampurkan lima buah strawberry berukuran sedang yang telah dihancurkan, dengan dua sendok teh baking soda. Oleskan pasta tersebut pada bibir sebelum tidur malam hari. Lalu bilas bersih pada pagi hari dengan air dingin.

4. Kacang almond

Nggak Sulit, Begini  Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitamhealthline.com

Selain almond oil, kacang almond-nya sendiri dapat membantu mencerahkan warna bibir hitam, Bela. Ambil bubuk kacang almond secukupnya dan aduk dengan 1 sendok teh susu segar. Oleskan pasta tersebut pada bibir dan pijat selama 3-4 menit. Diamkan selama 5 menit hingga mengering, lalu bilas bersih menggunakan air hangat. Lakukan perawatan rumah ini secara rutin setiap hari untuk hasil cerah yang optimal.

5. Bunga mawar dan air mawar

Nggak Sulit, Begini  Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitammedicalnewstoday.com

Bunga mawar yang merah merona ini juga dapat membantu mencerahkan warna bibirmu, loh. Mengutip dari The Beauty Gypsy, buat pasta dengan menghaluskan 4-5 kelopak mawar yang bersih, dan campurkan dengan madu secukupnya. Aplikasikan pasta itu pada bibir selama 2x sehari dan nggak perlu dibilas. Nggak hanya membuat bibir menjadi lebih merah secara alami, pasta mawar ini dapat membantu melembapkan bibir. Coba lakukan perawatan ini secara, bibirmu akan terlihat merah merona seperti menggunakan liptint!

6. Kunyit

Nggak Sulit, Begini  Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitammedicalnewstoday.com

Faktanya, sebuah penelitian tahun 2010 mengungkapkan jika kunyit dapat mencerahkan bibir hitam. Bumbu dapur ini dapat bekerja sebagai melanin inhibitor, artinya dapat mencerahkan warna kulit. Untuk menjadikan kunyit sebagai perawatan bibir, campurkan 1 sendok teh susu dan bubuk kunyit secukupnya. Aduk merata hingga menjadi pasta. Lalu, aplikasikan pasta itu pada bibirmu dengan menggunakan jari yang basah. Diamkan selama 5 menit, dan bilas bersih menggunakan air dingin. Setelah mengeringkan bibir, lanjutkan dengan menggunakan lip balm.

7. Lemon

Nggak Sulit, Begini  Cara Mudah Memerahkan Bibir Hitamrefinery29.com

Sama seperti kunyit, lemon juga dapat bekerja sebagai melanin inhibitor. Artinya buah yang asam dan segar ini dapat mencerahkan bibir gelap. Iris lemon dan gosokkan bagian yang kaya cairan pada seluruh permukaan bibirmu, diamkan sepanjang malam saat kamu tidur. Pada pagi hari, bilas bibir dengan air dingin. Ulangi perawatan ini setiap malam, dan kamu dapat melihat hasil bibir yang lebih merona pada hari ke-30.

Itu beberapa cara mudah dan alami memerahkan bibir hitam. Pilih dan lakukan cara yang menurutmu paling mudah dan nyaman. Jangan lupa untuk menjalani dan mengulangi perawatan bibir ini secara rutin untuk mendapatkan bibir merah merona yang nampak alami.

Baca Juga: 7 Penyebab Bibir Hitam