Sunscreen atau tabir surya jadi salah satu produk skincare yang wajib kamu gunakan saat berada di luar ruangan atau saat beraktivitas terkena sinar matahari. Selain melindungi kulit dari bahaya sinar UV, sunscreen pun memiliki berbagai kandungan yang dapat merawat kulit dari berbagai masalah. Makanya, wajib banget untuk memakai produk ini, Bela. Mungkin saat ini kamu sedang memilih merek sunscreen yang cocok untukmu. Namun melihat harganya yang variatif, pilih yang mana, ya?

Saat melihat e-commerce atau di toko kecantikan, kamu akan berhadapan dengan sejumlah sunscreen yang dibanderol dengan harga berbeda. Ada yang mahal, ada yang terjangkau, ada yang sangat murah. Apa yang mahal lebih baik daripada yang murah? Apa perbedaan sunscreen mahal dan suncreen murah? Yuk, cari tahu di sini!

1. Beda harga, beda tingkat perlindungannya?

Beli Sunscreen Mahal atau Murah? Ini Perbedaan KeduanyaPexels.com/Maggie Zhan

Melansir dari Huffington Post, dermatolog menyarankan untuk melihat kandungan dalam sunscreen ketimbang melihat harga produknya. Wajar jika kamu dapat tergoda dengan harga mahal karena umumnya, harga sebanding dengan kualitasnya. 

Namun dalam dunia skincare, ini belum tentu berlaku, Bela. Kenyataannya, kamu bisa menemukan tabir surya dengan kandungan SPF yang sama, namun memiliki harga berbeda. Bahkan dengan harga lebih murah, kamu bisa mendapatkan jumlah produk yang lebih banyak.

2. Mengapa sunscreen bisa dibanderol dengan harga mahal?

Beli Sunscreen Mahal atau Murah? Ini Perbedaan KeduanyaPinterest.com/Bustle.com

Hal yang menyebabkan sunscreen dapat dibanderol dengan harga mahal adalah kandungan bahan aktif di dalamnya. Kandungan bahan aktif ini yang berperan penting dalam memberi manfaat pada kulitmu saat diaplikasikan. Karena itu, pastikan kamu membaca daftar kandungan dalam sunscreen sebelum membelinya. 

Namun perlu diingat, kandungan bahan aktif dalam sunscreen nggak terlalu beragam. Artinya, kamu akan menemukan kandungan sejenis di beberapa sunscreen dari merek berbeda. Tiap-tiap kandungan memiliki manfaat dan efek sampingnya sendiri.

3. Apa kandungan non-aktif meningkatkan efektivitas produk?

Beli Sunscreen Mahal atau Murah? Ini Perbedaan KeduanyaPinterest.com/Martha Stewart Living

Dermatolog mengatakan selain kandungan bahan aktif, sunscreen juga memiliki kandungan non-aktif. Sebenarnya, kandungan non-aktif ini hanya berfungsi sebagai tambahan campuran dengan bahan lain yang memengaruhi rasa dan tampilan produk. Ini berarti tekstur dan formula sunscreen pada kulit. 

Kamu akan menemukan perbedaan jika mencoba langsung beberapa sunscreen sekaligus. Ada yang formulanya cair dan cepat menyerap, ada yang berbentuk gel dan memberikan rasa dingin, ada yang konsistensinya tebal dan memberikan kesan lengket. Maka, ini kembali pada selera masing-masing, kamu lebih suka formula dan tekstur seperti apa?

4. Memerhatikan efek samping sunscreen

Beli Sunscreen Mahal atau Murah? Ini Perbedaan KeduanyaPinterest.com/Health

Faktanya baik sunscreen harga mahal maupun murah, memiliki efek samping pada kulit. Ini kembali pada kandungan yang ada di dalamnya. Misalnya, ada sunscreen dengan kandungan oil yang cenderung dapat menyumbat pori-pori untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, atau ada sunscreen yang teksturnya lebih ringan namun nggak cocok untuk kamu yang memiliki tipe kulit kering.

Sekali pun sunscreen menggunakan bahan alami, bukan berarti nggak dapat memicu reaksi efek samping pada kulit. Sebagian orang memiliki alergi pada kandungan alami. Jadi jika sunscreen mahal memiliki kandungan yang dapat memicu efek samping pada kulit, tentunya hanya akan tersimpan dalam laci, bukan?

5. Semua kembali pada selera masing-masing

Beli Sunscreen Mahal atau Murah? Ini Perbedaan KeduanyaPexels.com/Matthias Cooper

Pada dasarnya, pemilihan sunscreen mahal dan sunscreen murah adalah kembali ke selera masing-masing. Sunscreen mahal boleh jadi melalui riset yang lebih canggih serta teknologi terbaru, ditambah dengan citra merk yang memang masuk ke high class. Sunscreen yang lebih terjangkau juga melalui proses yang sama, namun banderol harga menyesuaikan dengan segmentasi pasarnya.

Pilih sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu karena pada akhirnya, kamu tentunya menginginkan produk yang bekerja dengan baik dan nyaman dipakai sehari-hari bukan?

Selain harga, nggak ada perbedaan signifikan yang dapat kamu temukan antara sunscreen mahal dan sunscreen murah. Ketimbang melihat dari segi harga, dermatolog menyarankanmu untuk membandingkan tabir surya dari segi kandungan aktifnya, formula, tekstur, serta efek samping atau bahaya pada kulitmu. Dengan begitu, kamu dapat menemukan sunscreen terbaik untukmu.

Baca Juga: Ini Rekomendasi 7 Sunscreen yang Nyaman Digunakan