Maskne (mask acne) atau lebih dikenal dengan jerawat masker, mulai mencuat selama pandemik. Bersyukurlah kamu yang selama ini tidak punya masalah kulit wajah, akibat terlalu lama pakai masker. Tapi ini bukan kabar buruk kok buat kamu yang justru alami maskne, karena ini hal yang wajar jika terjadi. Kami bisa cegah masalah ini, tapi perhatikan beberapa fakta berikut dulu ya!

Penyebab maskne

Mungkin buat beberapa orang, ini bukanlah hal baru. Secara konsep, jerawat ini muncul akibat permukaan kulit wajah yang tertutup dan kurang mendapatkan udara (lembap). Misalnya, para atlet yang sering menggunakan pelindung dagu dan helm, di mana jerawat akan muncul di bagian dagu dan dahi mereka.

Lalu, apa sih penyebabnya? Tidak hanya permukaan kulit yang tertutup dan lembap, adanya gesekan antara masker dan kulit wajah pun menjadi penyebab utamanya. Jadi, kondisi tertutup pun tidak selamanya bagus ya, Bela!

Fakta: masker kain lebih berpotensi jadi ‘dalang’ maskne dibandingkan masker medis

Sekarang pertanyaannya adalah: apakah semua masker bisa menyebabkan jerawat muncul? Bisa jadi, tapi hampir di sebagian besar kasus, orang yang menggunakan masker kain lebih berpotensi menjadi ‘dalang’ maskne ini dibandingkan masker bedah atau medis. Alasannya, karena masker kain biasanya punya tingkat ketebalan lebih, bahkan ada yang hingga 3 lapis kain lho!

Cara mencegah maskne

Nggak perlu takut ataupun khawatir Bela, ada segudang cara penanganan sekaligus pencegahan maskne ini. Seperti:

  • Ganti masker secara berkala setiap harinya
  • Cucilah masker kainmu
  • Jangan pakai makeup secara tebal
  • Bersihkan wajah sesering mungkin 3x sehari
  • Gunakan pelembap sebelum menggunakan masker
Kenali Maskne dan Cara Tepat dalam Mencegahnya!Popbela.com/Anastasia Desire

Kalau Popbela sih, belakangan ini lebih sering pakai Citra Fresh Glow Multifunction Gel. Sesuai dengan namanya, ini adalah gel pelembap yang multifungsi. Tenang, pelembap ini nggak lengket kok dan bahkan bisa digunakan untuk semua kebutuhan kulitmu. Selain menjadi solusi untuk masalah maskne-mu, Citra Fresh Glow Multifunction Gel ini bisa melembapkan sekaligus mencerahkan, menyejukkan kulit dari terpaan matahari, serta menyamarkan noda hitam. Aman kok untuk digunakan sehari-hari.

Kenali Maskne dan Cara Tepat dalam Mencegahnya!Popbela.com/Anastasia Desire

Oh ya, Citra Fresh Glow Multifunction Gel ini tersedia dalam 3 varian ya:

  • Tomato + Pomegranate
  • Aloe Vera + Mint
  • Coconut Water + Blueberry

Ketiganya dilengkapi dengan 100% natural essence (tomato, aloe vera, coconut water, pomegranate, mint, blueberry),  0% alkohol, dan 20x vitamin B3 + C untuk mendapatkan hasil kulit yang cerah, bening dan bercahaya. Cek info selengkapnya di sini ya, Bela!

Cara pakai Citra Fresh Glow Multifunction Gel

Kenali Maskne dan Cara Tepat dalam Mencegahnya!Popbela.com/Anastasia Desire

Sebenarnya, cara penggunaannya pun sudah tertera di bagian belakang kemasan. Kamu hanya perlu mengusapkan gel pelembap ini dengan lembut pada bagian wajah dan tubuh yang membutuhkan kelembapan. Karena multifungsi, jadi ini bisa digunakan sebagai face and body gel lotion ya, mulai dari:

  • Daily face moisturizer: dipakai setiap pagi dan bikin kulit jadi glowing
  • Primer: sebelum menggunakan makeup
  • Body Hydrator: sebagai body lotion gel yang ringan
  • Body perfume: memiliki aroma yang menyegarkan
  • After sun soothing: membuat kulit tetap sejuk meski terpapar sinar matahari

Wow, satu produk untuk banyak fungsi. Sudah pakai Citra Fresh Glow Multifunction Gel di rumah? Wajib punya nih, buat kamu yang anti ribet-ribet club!