Tak peduli jenis kulit yang kamu miliki, setiap kulit harus dirawat dengan optimal. Yang perlu diperhatikan adalah, perawatan kulit sebaiknya tidak hanya dilakukan dari luar saja dengan memakai berbagai produk dan melakukan perawatan tapi juga dari dalam. 

Dikutip dari Bustle, menurut salah seorang ahli perawatan kulit menyatakan bahwa "you are what you eat". Jadi, kondisi tubuhmu merupakan gambaran dari apa yang kamu konsumsi. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, kamu bisa mengonsumsi bahan-bahan di bawah ini untuk merawat kulit keringmu. Disimak ya, Bela!

1. Ikan

Ini 7 Hal yang Baik Dikonsumsi untuk Merawat Kulit Keringpinterest.com

Berbagai jenis ikan seperti salmon, tuna, dan ikan herring memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan tersebut dapat menjaga kelembapan alami kulit dan memperkuat perlindungan kulit dari debu, polusi, dan radikal bebas. Kulit yang kering juga merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kekurangan omega-3. 

2. Minyak zaitun

Ini 7 Hal yang Baik Dikonsumsi untuk Merawat Kulit Keringmedicalnewstoday.com

Minyak zaitun memiliki kandungan Vitamin E, lemak tunggal tak jenuh, dan asam lemak omega-3. Ketiga kandungan ini baik dalam meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Minyak zaitun juga dapat melindungi kulit dari sinar UV dan melindungi dari kondisi kulit seperti kekeringan dan eksim.

3. Alpukat

Ini 7 Hal yang Baik Dikonsumsi untuk Merawat Kulit Keringrd.com

Buah alpukat kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan lainnya yang baik dalam merawat kulit. Tidak hanya itu, buah alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang dapat membuat kulit lembab dan mencegah kulit dari penuaan serta mengurangi peradangan.

4. Kacang-kacangan

Ini 7 Hal yang Baik Dikonsumsi untuk Merawat Kulit Keringhealthline.com

Kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E sudah lama diyakini sebagai kandungan yang baik untuk merawat kulit. Kehebatan yang terkandung pada kacang-kacangan ini adalah dapat melindungi kulit dari kerusakan sel oksidatif dan melindungi kulit dari kerusakan eksternal seperti sinar UV.

5. Tiram

Ini 7 Hal yang Baik Dikonsumsi untuk Merawat Kulit Keringwomensweeklyfood.com

Tiram adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan zinc yang tinggi. Zinc diyakini dapat membantu proses peremajaan kulit dengan memproduksi kolagen. Kelenturan dan elastisitas kulit sangat dipengaruhi oleh kolagen yang terdapat pada kulit. Kulit kering cenderung terlihat lebih cepat tua karena jumlah kolagen yang tidak begitu banyak pada kulit. 

6. Ubi

Ini 7 Hal yang Baik Dikonsumsi untuk Merawat Kulit Keringparade.com

Sayur yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian ini memiliki kandungan betakaroten sekaligus vitamin A yang tinggi. Vitamin A sangat penting perannya dalam pencegahan dan mengatasi kulit kering. Ubi juga diyakini dapat memperbaiki kerusakan jaringan dan mencegah penuaan dini.

7. Timun

Ini 7 Hal yang Baik Dikonsumsi untuk Merawat Kulit Keringaasouthernsoul.com

Pada sayuran yang tinggi kadar airnya seperti timun, dapat ditemukan silika yang dapat membantu meningkatkan kelembaban yang mengarah pada peningkatan elastisitas kulit. Timun juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang berperan dalam membantu menenangkan kulit dan melawan kerusakan pada kulit.

Selamat mencoba, Bela!

 

Penulis: FIlza Intan Mariezka

Baca Juga: 7 Tips Makeup untuk Kamu yang Memiliki Kulit Kering