Setiap perempuan pasti mengingkan wajah yang halus, mulus, dan bercahaya. Tidak ada perbedaan warna, tekstur, dan kondisi kulit wajah. Sayangnya, berbagai faktor di kehidupan seperti gaya hidup, perawatan yang dilakukan, dan produk yang digunakan memengaruhi kondisi kesehatan tubuh dan juga kulit, termasuk kulit wajah.

Beberapa orang pun mengeluhkan kondisi kulit wajahnya yang memiliki perbedaan tekstur pada bagian-bagian tertentu. Biasanya hal ini disebabkan karena penumpukan sel-sel kulit mati yang juga dapat membuat pori-pori wajah membesar. Jika kamu merasakan hal ini, jangan khawatir, Bela. Berikut tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi masalah tersebut. Disimak baik-baik ya!

1. Eksfoliasi

5 Cara Memperbaiki Tekstur Wajah yang Rusaknutritiouslife.com

Untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Lakukan eksfoliasi minimal seminggu sekali dengan produk yang lembut pada kulit sehingga tidak akan menyebabkan iritasi. Pastikan butiran scrub-nya juga tidak terlalu kasar untuk kulitmu. Kamu bisa mencoba berbagai bahan eksfoliasi alami seperti bubuk kopi.

2. Coba chemical peel

5 Cara Memperbaiki Tekstur Wajah yang Rusakjournalist.sg

Untuk hasil yang lebih ekstra, kamu bisa coba menggunakan produk chemical peel. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, produk ini juga dapat mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari dan memicu pembentukan sel-sel kolagen untuk mengatasi garis-garis halus serta menyamakan warna dan tekstur kulit wajah.

3. Ulaskan minyak pada area yang bermasalah

5 Cara Memperbaiki Tekstur Wajah yang Rusakgoop.com

Produk yang memiliki kandungan minyak di dalamnya, dapat mengatasi masalah kulit seperti kulit yang kasar, komedo, dan membuat kulit menjadi lebih halus. Kulit yang dirawat menggunakan face oil, produksi minyaknya akan lebih terkontrol daripada yang tidak dirawat dengan face oil.

4. Gunakan produk yang mengandung vitamin C

5 Cara Memperbaiki Tekstur Wajah yang Rusakglamourmagazine.co.uk

Menambahkan vitamin C pada skincare routine akan membantu kulit dalam proses memperbaiki teksturnya. Vitamin C berperan dalam menyediakan antioksidan yang lebih ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti perbedaan pigmen, kerusakan jaringan, dan noda-noda hitam.

5. Selalu lindungi kulit dari sinar matahari

5 Cara Memperbaiki Tekstur Wajah yang Rusakqsun.co

Semua praktisi di dunia kulit dan kecantikan tidak henti-hentinya mengingatkan untuk terus melindungi kulit dari paparan sianr matahari. Kamu bisa menggunakan SPF, sunscreen, atau sunblock agar kulit terlindung dari sinar matahari. Silahkan sesuaikan produk-produk tadi dengan jenis kulit dan kebutuhanmu.

Sudah siap punya kulit mulus, Bela?

 

 

Penulis: Filza Intan Mariezka

Baca Juga: 5 Tips untuk Dapatkan Kulit Mulus a la Perempuan Jepang