Patut Dihindari, Ini Penyebab Hiperpigmentasi Pada Kulit 

Akibat paparan sinar matahari hingga obat-obatan tertentu

Patut Dihindari, Ini Penyebab Hiperpigmentasi Pada Kulit 

Hiperpigmentasi adalah kondisi ketika kulit di area tertentu tampak lebih gelap dibandingkan area kulit yang lain. Hiperpigmentasi bisa dialami oleh siapa saja, namun umumnya masalah kulit yang satu ini kerap menimpa mereka yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama tanpa perlindungan ekstra.

Meski bisa diatasi dengan mengaplikasikan berbagai produk perawatan kulit yang mampu mengatasi hiperpigmentasi seperti retinol dan vitamin C, mengetahui penyebab terjadinya masalah kulit yang satu ini juga penting agar kamu bisa menghindari hal-hal yang memicu kulit mengalami hiperpigmentasi.

Selain paparan sinar matahari, apa lagi ya, yang menjadi penyebab terjadinya hiperpigmentasi pada kulit?

1. Paparan sinar matahari

Patut Dihindari, Ini Penyebab Hiperpigmentasi Pada Kulit 

Melansir dari Medical News Today, paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab munculnya hiperpigmentasi atau bintik hitam pada kulit. Hal ini terjadi lantaran tubuh memproduksi banyak melanin ketika kulit terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.

Ini yang kemudian membuat timbulnya bintik hitam pada kulit. Namun, kamu tidak perlu takut, sebab kamu bisa mencegahnya dengan mengaplikasikan tabir surya secara rutin.

2. Kulit inflamasi

Inflamasi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi kulit, memiliki fotosensitivitas, reaksi alergi terhadap zat tertentu, hingga memiliki masalah kesehatan tertentu seperti autoimun.

Inflamasi pada kulit ini kemudian dapat berakhir dengan timbulnya bintik hitam. Meski sulit dicegah, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang dapat mengatasi bintik hitam pada kulit seperti retinol dan vitamin C.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here