Penyebab timbulnya jerawat di wajah bermacam-macam, mulai dari karena produksi minyak berlebih, sumbatan di area folikel rambut, faktor genetik, bakteri, reaksi tidak cocok terhadap produk tertentu, sampai karena stres.

Namun tahukah kamu bahwa jerawat yang tumbuh di area dagu ini umumnya disebabkan oleh hormon dan hal ini kerap kali dialami oleh wanita. Yuk, simak tujuh cara di bawah ini untuk mengatasi jerawat di area dagu!

1. Konsultasikan dengan dokter terkait penggunaan obat minum

Punya Jerawat di Dagu? Ini 7 Cara Mengatasinya!istockphoto.com

Mengutip dari Byrdie, jerawat yang disebabkan oleh hormon ini umumnya timbul tujuh hari sebelum perempuan mengalami menstruasi dan di saat yang bersamaan, terjadi peningkatan hormon progesteron yang berpengaruh pada kulit sehingga terjadi penyempitan pori-pori dan minyak berlebih. Hal ini memicu tumbuhnya jerawat.

Jika acne spot treatment tidak membantu mengatasi masalah jerawat, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk meresepkan obat minum agar jerawat di dagumu bisa teratasi dengan baik.

2. Aplikasikan krim yang mengandung retinol

Punya Jerawat di Dagu? Ini 7 Cara Mengatasinya!Pexels.com/Shiny Diamond

Tidak hanya mampu mengatasi masalah penuaan, retinol juga bisa mencegah timbulnya jerawat, lho! Untuk menghindari iritasi akibat penggunaan retinol, kamu bisa mencari produk yang aman digunakan untuk pemula dan saat menggunakan retinol, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen, ya!

3. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Punya Jerawat di Dagu? Ini 7 Cara Mengatasinya!freepik.com/senivpetro

Selanjutnya, kamu juga bisa mencegah timbulnya jerawat di dagu dengan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi ini mampu menjaga pori-pori agar tetap bersih dan bebas dari sel kulit mati, bakteri, serta kotoran yang menempel di permukaan wajah.

Alih-alih menggunakan scrub, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan produk yang diformulasikan khusus untuk eksfoliasi, seperti toner eksfoliasi atau serum untuk eksfoliasi.

4. Terapkan skincare routine yang sederhana

Punya Jerawat di Dagu? Ini 7 Cara Mengatasinya!

Alih-alih menggunakan banyak produk dalam satu waktu, kamu bisa membuat rutinitas mu dalam merawat kulit tetap sederhana. Gunakanlah produk-produk yang lembut untuk kulit dan terapkan minimal skincare routine yaitu hanya menggunakan produk skincare yang diperlukan saja seperti cleanser, pelembab, exfoliator, serta acne spot treatment.

5. Gunakan acne patch

Punya Jerawat di Dagu? Ini 7 Cara Mengatasinya!hellogigles.com

Cara yang satu ini banyak diterapkan oleh orang-orang saat sedang mengalami breakout atau hormonal acne, yaitu menggunakan acne patch. Acne patch ini bisa melindungi kamu dari kebiasaan menekan jerawat, serta mencegah timbulnya minyak berlebih di area jerawat. 

Namun, menggunakan acne patch bukan satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat, lakukanlah perawatan tambahan agar jerawatmu cepat teratasi.

6. Hindari mengonsumsi produk yang mengandung susu

Punya Jerawat di Dagu? Ini 7 Cara Mengatasinya!healthline.com

Tahukah kamu bahwa susu dapat meningkatkan produksi hormon testosteron dan peningkatan hormon tersebut dapat memperburuk jerawat. Oleh karena itu, untuk sementara hindari mengonsumsi produk yang memiliki bahan dasar susu, baik itu susu sapi atau susu yang terbuat dari kacang-kacangan.

7. Jangan menekan jerawatmu

Punya Jerawat di Dagu? Ini 7 Cara Mengatasinya!vogue.com

Terakhir, hal yang harus kamu hindari adalah menyentuh bahkan menekan jerawatmu, karena kebiasaan tersebut akan berdampak pada inflamasi sehingga membuat timbulnya luka baik di jerawat maupun di area sekitarnya.