Sunscreen merupakan salah satu produk yang wajib untuk diaplikasikan setiap hari, bahkan setiap dua sampai empat jam sekali. Ketika kamu nggak mengenakan sunscreen, maka kulit berpotensi mengalami kemerahan, dan hiperpigmentasi. Di samping itu, sunscreen juga bisa mencegah kanker kulit, lho. 

Namun, terkadang penggunaan sunscreen ini bisa dibilang cukup tricky. Bahkan, ada beberapa orang yang mengalami pilling. Pilling adalah kondisi di mana ketika sunscreen yang kamu aplikasikan menggumpal. 

Hal tersebut tentunya menjengkelkan, namun kamu nggak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari masalah ini!

1. Perhatikan kandungan yang ada di dalam sunscreen

Begini Caranya Agar Sunscreen-mu Nggak Pilling intothegloss.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari tahu kandungan apa saja yang ada di dalam sunscreen-mu ini. Beberapa kandungan di dalam sunscreen seperti silicon, xanthan gum, serta mineral blockers berpotensi membuat sunscreen-mu mengalami pilling

Oleh karena itu, kamu bisa hindari sunscreen dengan kandungan-kandungan tersebut.

Apabila kamu sudah cocok dengan sunscreen dengan kandungan tersebut, cobalah untuk mengubah cara pengaplikasiannya. Alih-alih mengusap wajahmu, kamu bisa mengaplikasikan sunscreen dengan menepuk perlahan-lahan

2. Aplikasikan produk skincare dengan urutan yang tepat

Begini Caranya Agar Sunscreen-mu Nggak Pilling pexels.com/Polina Kovaleva

Penyebab selanjutnya sunscreen-mu pilling ini karena kamu mengaplikasikan produk skincare nggak sesuai dengan urutannya.

Bela, tahu nggak kalau tata cara pengaplikasikan produk skincare sesuai urutannya ini penting, lho, karena setiap produk memiliki konsistensi yang berbeda, semakin tebal konsistensi sebuah produk maka semakin besar molekulnya.

Oleh karena itu, mulai sekarang kamu bisa mengaplikasikan produk skincare dari yang teksturnya ringan terlebih dahulu baru yang tebal.

3. Ketika wajah masih basah karena produk skincare, jangan langsung aplikasikan produk lainnya, termasuk sunscreen.

Begini Caranya Agar Sunscreen-mu Nggak Pilling Shutterstock/Makistock

Ketika ingin mengaplikasikan produk skincare yang lain, pastikan wajahmu kering terlebih dahulu. Kamu bisa menunggu selama 30 sampai 60 detik sampai produk skincare mengering.

4. Lakukan eksfoliasi dengan teratur

Begini Caranya Agar Sunscreen-mu Nggak Pilling lorealparisusa.

Selain mengangkat kotoran dan sel kulit mati, eksfoliasi juga bisa membuat produk skincare yang kamu aplikasikan menyerap dengan maksimal, termasuk sunscreen, sehingga kamu terhindar dari pilling.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah satu sampai dua kali saja dalam seminggu. Alih-alih menggunakan scrub, kamu bisa eksfoliasi kulitmu dengan exfoliating toner atau liquid exfoliant.

5. Ganti sunscreen

Begini Caranya Agar Sunscreen-mu Nggak Pilling cumberlandskin.com

Ketika empat cara di atas sudah kamu lakukan, namun nggak memberikan hasil yang memuaskan, kamu bisa mengganti sunscreen-mu. Perlu diingat, carilah sunscreen dengan kandungan dan konsistensi yang cocok untuk jenis kulitmu, ya, Bela!