Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu, terlebih lagi apabila jerawat muncul di area tertentu yang membuat terasa lebih menyakitkan. Di antara sekian banyak penyebab timbulnya jerawat, tidak lekas membersihkan diri saat olahraga adalah salah satu penyebabnya.

Mau terhindar dari jerawat setelah olahraga? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Hindari mengenakan makeup saat olahraga

7 Cara Mencegah Jerawat Pasca Olahragamakeupandbeauty.com

Ketika kamu mengenakan makeup saat olahraga, wajahmu berpotensi mengalami breakout karena pori-pori wajah terbuka saat olahraga. Oleh karena itu, hindari mengenakan riasan saat ingin melakukan aktivitas tersebut. 

Alih-alih mengenakan make up, sebelum berolahraga bersihkan wajahmu dengan menggunakan face wash agar bebas dari bakteri dan kotoran.

2. Membersihkan peralatan olahraga

7 Cara Mencegah Jerawat Pasca Olahragawomenhealthmag.com

Untuk menghindari menempelnya bakteri pada wajah yang berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat, maka bersihkanlah peralatan olahraga baik yang digunakan sendiri atau digunakan bersama-sama.

Setelah membersihkan peralatan olahraga, tunggu peralatan tersebut mengering terlebih dahulu sebelum kamu mulai menggunakannya.

3. Pastikan handuk yang digunakan bersih

7 Cara Mencegah Jerawat Pasca Olahragaweavvehome.com

Tidak hanya berfungsi untuk membersihkan keringat, handuk juga bisa menyerap bakteri, minyak, dan kotoran yang menempel baik pada wajah maupun tubuh. Oleh karena itu, pastikan handuk yang ingin kamu gunakan untuk membersihkan wajah dan tubuh merupakan handuk yang bersih, ya!

4. Membersihkan wajah setelah olahraga

7 Cara Mencegah Jerawat Pasca Olahragaskinkraft.com

Tidak hanya dibersihkan sebelum olahraga saja, setelah selesai melakukan aktivitas tersebut Anda harus membersihkan wajah dari keringat dan kotoran yang menempel di permukaan wajah. Untuk cara membersihkannya, usap keringatmu terlebih dahulu dengan handuk bersih, kemudian bersihkan lah wajahmu dengan face wash yang tergolong lembut untuk kulit.

5. Membersihkan tubuh setelah olahraga

7 Cara Mencegah Jerawat Pasca Olahragalovelyskin.com

Mengutip dari Byrdie, membersihkan tubuh langsung setelah olahraga membantu mencegah berkembangnya bakteri yang muncul akibat keringat saat olahraga. Oleh karena itu, apabila kamu memiliki waktu luang setelah olahraga, segeralah untuk mandi.

Namun, apabila waktumu terbatas, kamu bisa membilas tubuhmu dengan air dan sedikit sabun.

6. Bersihkan pakaian yang digunakan setelah olahraga

Setelah selesai olahraga, pastikan kamu langsung membersihkan pakaian yang sebelumnya dikenakan ya, agar tidak menjadi sarang bakteri yang bisa membuat timbulnya jerawat. Selain itu, pilihlah sabun cuci yang ampuh untuk menghilangkan bakteri yang menempel serta pastikan pakaian olahragamu dicuci dengan bersih.

7. Kenakan pakaian yang tepat saat olahraga

7 Cara Mencegah Jerawat Pasca Olahragapuma.com

Alih-alih mengenakan pakaian ketat yang berpotensi menimbulkan jerawat di area punggung, kamu bisa memilih pakaian yang sedikit longgar. Selain itu, pilihlah pakaian yang mampu menyerap keringat seperti pakaian dengan bahan wool, polyester, micro modal, nylon, polypropylene, dan bambu. 

Itulah tujuh hal yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari jerawat pasca olahraga!