Seiring berjalannya waktu, kulit akan mengalami perubahan. Mungkin,  pada awalnya kulit kamu tampak begitu sehat, namun perlahan-lahan akan timbul garis halus serta flek hitam. Bukan tanpa sebab, hal ini terjadi karena pertambahan usia. 

Namun, tahukah kamu bahwa usia bukan satu-satunya faktor pemicu timbulnya tanda-tanda penuaan? Ya, ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu timbulnya tanda-tanda penuaan pada kulit. 

Lalu, apa saja kebiasaan-kebiasaan itu?

1. Sering begadang

5 Kebiasaan yang Memicu Tanda-tanda Penuaan Freepik

Tidur adalah salah satu aktivitas yang menyehatkan. Ketika seseorang cukup tidur, maka dirinya akan merasa lebih segar dan bersemangat untuk memulai aktivitas esok harinya. Lebih dari itu, ketika seseorang tidur cukup, maka kulitnya akan tampak lebih sehat.

Sebaliknya, apabila seseorang sering begadang entah itu karena menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai atau sekedar bersenang-senang, maka kulitnya berpotensi mengalami tanda-tanda penuaan.

2. Merokok

Kebiasaan selanjutnya yang bisa memicu tanda-tanda penuaan dini adalah merokok. Selain berdampak pada kesehatan tubuh, merokok juga disebut-sebut bisa membuat kulit tampak lebih kusam.

Sebab, zat kimia yang ada di dalam rokok, seperti tar, karbon monoksida, dan nikotin bisa membuat jaringan tubuh mengalami kerusakan serta peredaran darah menjadi terhambat.

3. Minum alkohol

5 Kebiasaan yang Memicu Tanda-tanda Penuaan www.forbes.com

Minum alkohol tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, namun juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Ya, ketika seseorang minum alkohol secara berlebihan maka kulitnya berpotensi mengalami penuaan dini.

Sama seperti rokok, alkohol juga bisa merusak jaringan tubuh. Di samping itu, alkohol yang diminum secara berlebihan ini bisa menurunkan kadar vitamin yang berfungsi meregenerasi sel kulit.

4. Tidak menjaga pola makan

5 Kebiasaan yang Memicu Tanda-tanda Penuaan Pexels.com/Buenosia Carol

Untuk meraih tubuh dan kulit yang sehat, diperlukan pola makan yang sehat. Selain mengonsumsi sayur dan buah, kamu juga perlu menjaga pola makanmu dengan mengurangi konsumsi makanan olahan dan makanan yang mengandung gula.

5. Tidak rutin menggunakan sunscreen

5 Kebiasaan yang Memicu Tanda-tanda Penuaan health.com

Mengaplikasikan sunscreen adalah langkah dalam rutinitas merawat kulit yang tidak boleh kamu lewatkan. Sebab, sunscreen memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Ketika kamu tidak mengaplikasikan sunscreen, kulitmu akan mudah terbakar matahari, lebih dari itu, tanda-tanda penuaan dini juga akan muncul di kulitmu. Oleh karena itu, sebelum mulai beraktivitas selalu aplikasikan sunscreen dengan minimal SPF 30.