5 Kebiasaan Ini Memicu Terjadinya Kerutan Pada Kulit 

Akibat pakai sedotan hingga konsumsi alkohol

5 Kebiasaan Ini Memicu Terjadinya Kerutan Pada Kulit 

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Seiring pertambahan usia tentunya ada beberapa perubahan yang terjadi pada kulit, salah satunya adalah muncul kerutan di area tertentu seperti di bawah mata, dahi, hingga leher. Masalah tersebut tentunya bisa dicegah selagi kamu masih menginjak usia produktif dengan rutin mengaplikasikan tabir surya dan menggunakan produk perawatan kulit yang mencegah penuaan seperti retinol.

Di samping itu, kamu juga perlu waspada akan kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan, pasalnya ada beberapa kebiasaan yang tanpa kamu sadari memicu timbulnya kerutan pada kulit. Lantas, kebiasaan apa saja yang dimaksud? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Kerap kali menggunakan sedotan

5 Kebiasaan Ini Memicu Terjadinya Kerutan Pada Kulit 

Mungkin terdengar sepele, namun tahukah kamu bahwa kebiasaan menggunakan sedotan terlalu sering memicu timbulnya kerutan pada kulit? Kebiasaan yang membuat seseorang harus mengerucutkan bibir saat melakukannya ini nyatanya beresiko menimbulkan kerutan di sekitar bibirmu.

Apabila tidak benar-benar diperlukan, maka kamu tidak perlu minum dengan menggunakan sedotan. Hal ini dipicu oleh gerakan mengerucutkan bibir yang dilakukan secara berulang.

2. Sering mengonsumsi permen karet

Tak hanya menggunakan sedotan saja, sering mengonsumsi permen karet juga nyatanya meningkatkan resiko seseorang mengalami penuaan dini. Ya, kegiatan mengunyah secara berulang meningkatkan resiko timbulnya kerutan di area bibir. Hal ini terjadi lantaran kulit kehilangan elastisitasnya.

3. Kurang tidur

Kerutan pada kulit juga bisa dipicu oleh kurang tidur. Pasalnya, ketika kamu tidur, kulit akan melakukan regenerasi sehingga apabila waktu tidurmu kurang maka proses tersebut tidak akan berjalan dengan optimal. 

Tak hanya kulit keriput, kurang tidur juga bisa memicu tanda-tanda penuaan lainnya, seperti bintik hitam dan garis halus.Hal ini terjadi lantaran lapisan pelindung kulit melemah serta elastisitas kulit berkurang.

4. Tidur dengan posisi miring

Posisi tidur juga nyatanya berpengaruh terhadap kondisi kulit seseorang, lho. Usut punya usut apabila kamu tidur dengan posisi miring maka resiko untuk kulit timbul kerutan juga semakin tinggi. 

Ya, kerutan ini nantinya akan terlihat jelas di area mata hingga pipi kamu. Alih-alih tidur dengan posisi tersebut, kamu bisa tidur dengan posisi lurus saja. Di samping itu, posisi tidur tengkurap juga memicu timbulnya kerutan pada kulit.

5. Mengonsumsi alkohol

Kebiasaan lain yang memicu timbulnya kerutan pada kulit adalah konsumsi alkohol. Seperti yang kamu ketahui, alkohol tidak baik bagi kesehatan. Tidak hanya itu, alkohol juga bisa menimbulkan efek samping pada kesehatan kulit, yakni kulit kering, kemerahan, hingga kulit berjerawat. 

Di sisi lain, alkohol juga bisa membuat seseorang yang mengonsumsinya mengalami penuaan dini. Salah satu tanda yang dapat terlihat dengan jelas ada muncul kerutan pada kulit.

  • Share Artikel

TOPIC

    trending

    Trending

    This week's horoscope

    horoscopes

    ... read more

    See more horoscopes here