Siapa yang di sini merasa lebih cepat jerawatan saat mendekati PMS? Sebenarnya apa sih yang menyebabkan hal ini terjadi? Nah, jawabannya adalah karena hormon, Bela! Saat siklus menstruasi mudatang, hormon menjadi lebih fluktuatif. Sesaat sebelum menstruasi datang biasanya kadar hormon estrogen dan progesteron akan menurun.

Sebagai hasilnya, penurunan kadar kedua hormon tersebut memicu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum sehingga memungkinkan terjadinya pore clogging yang bisa menyebabkan jerawat pada wajah. Selain itu, stres yang tidak dikelola dengan baik juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat saat masa PMS.

Lalu, bagaimana agar hal tersebut tidak terjadi? Simak tipsnya di bawah ini ya!

1. Kelola Waktu Tidur

Wajib Tahu, Ini Tips Cegah Jerawat Saat PMSlifestyleasia.com

Saat tubuh kekurangan waktu istirahat, ini dapat menimbulkan stres dan meningkatkan kortisol. Peningkatan kortisol ini akan menyebabkan meningkatkanya kemungkinan peradangan pada kulit dan produksi sebum yang menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, pastikan saat sudah mulai PMS kamu dapat mengelola waktu tidur dengan benar ya. Pastikan bahwa kamu bisa mendapatkan waktu tidur malam minimal 8 jam satu hari untuk mendapatkan tubuh yang tetap sehat selama masa PMS.

2. Menerapkan Healthy Diet

Wajib Tahu, Ini Tips Cegah Jerawat Saat PMShelpguide.com

Bukan berarti kamu harus mengganti semua menu makanan menjadi sayur-sayuran, tetapi ada baiknya agar mencegah terjadinya jerawat selama PMS kamu mengontrol pola makanmu. Pastikan kamu mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki nutrisi tinggi sehingga tubuh bisa tetap sehat dimasa PMS dan haid. Hindari konsumsi makanan manis, makanan olahan dan white bread selama PMS karena akan lebih mudah membuat kulit lebih mudah berjerawat.

3. Minum Vitamin

Wajib Tahu, Ini Tips Cegah Jerawat Saat PMShealthline.com

Minum vitamin dengan teratur juga bisa mencegah timbulnya jerawat saat PMS dan haid lho! Beberapa vitamin yang penting dikonsumsi pagi seorang yang memiliki kulit acne prone adalah zinc, vitamin D, vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Walaupun vitamin tersebut tidak secara langsung menjadi ‘obat jerawat’ tetapi konsumsi vitamin dan mineral sudah terbukti dapat menjaga kesehatan kulit. Jadi, jangan lupa untuk rutin minum vitamin ya, Bela!

4. Tidak Lupa Pakai Skincare

Wajib Tahu, Ini Tips Cegah Jerawat Saat PMSluxyhair.com

Penggunaan skincare yang rutin juga dapat mencegah timbulnya jerawat tetapi tidak hanya terbatas saat PMS dan haid. Buat kamu pemilik kulit berjerawat pastikan selama PMS tidak melewatkan step-step pemakaian skincare basic untuk menjaga kesehatan kulit. Penggunaan toner, serum, pelembap dan sunscreen adalah beberapa step penggunaan skincare yang tidak boleh terlewatkan untuk menjaga kelembapan kulit sehingga terhindar dari masalah-masalah kulit yang bisa terjadi selama PMS dan haid.

5. Mengganti Masker

Wajib Tahu, Ini Tips Cegah Jerawat Saat PMSpathedits.com

Karena penggunaan masker adalah hal yang wajib saat ini, penting banget untuk kamu tetap mengganti masker beberapa jam sekali saat harus berktivitas di luar rumah. Khususnya selama PMS dan haid dimana kulit lebih rentan pada masalah, kamu wajib mengganti masker yang kamu gunakan. Ganti masker kamu setiap 4 jam sekali atau minimal dua kali dalam sehari. 

Baca Juga: Waspada, Ternyata Jerawat Punya Ikatan Erat Terhadap Kesehatan Mental!

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kulit Saat Musim Hujan, Bikin Bebas Jerawat

Baca Juga: Ini 5 Bahaya Sering Memencet Jerawat, Nggak Bisa Dianggap Remeh!