Setiap perempuan wajib memahami pentingnya menjaga kulit dari paparan langsung sinar matahari. Kenapa? Banyak banget dampak buruk yang bisa terjadi seperti kulit menjadi terbakar, penuaan dini, dan efek jangka panjangnya adalah meningkatkan potensi terkena kanker kulit. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan guna mencegah agar kulit tidak terpapar langsung sinar matahari adalah dengan menggunakan sun protection. Nah, dua sun protection yang sering didengar adalah sunscreen dan sunblock. Tetapi, apa ya bedanya? Ternyata perbedaan dari kedua produk sun protection ini cukup banyak lho! Simak sampai habis ya untuk mengetahui perbedaannya!

Perbedaan kandungan dalam sunscreen dan sunblock

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Soal Sunscreen dan Sunblockskincaredenver.com

Sunscreen dan sunblock ternyata memiliki kandungan yang cukup berbeda. Sunscreen memiliki kandungan bahan yang berfungsi menyaring sinar UVA dan sinar UVB sehingga kandungan pada sunscreen tidak bisa melindungi kulit dengan maksimal. 

Sunblock memiliki kandungan yang dapat memantulkan kembali sinar UVA dan UVB agar tidak terpapar pada kulit. Biasanya mengandung mineral sehingga bisa dikatakan sunblock dapat membatasi sinar matahari untuk terpapar pada kulit.

Perbedaan cara pemakaian sunscreen dan sunblock

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Soal Sunscreen dan Sunblockreviews.com

Kalau kamu sering berolahraga dan terpapar sinar matahari, sunblock mungkin akan menjadi pilihan yang tepat untuk kulitmu karena akan menangkal sinar matahari terpapar langsung kepada kulit. Sunscreen adalah sun protection yang dapat digunakan sehari-hari, tetapi penggunaan yang disarankan adalah 30 menit sebelum kamu keluar rumah untuk mendapatkan proteksi yang maksimal dari sunscreen.

Apa itu SPF?

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Soal Sunscreen dan Sunblocksundayriley.com

Saat membeli sunblock atau sunscreen, kamu pasti sering mempertimbangkan berapa SPF produk tersebut. Lalu, apa sih sebenarnya SPF itu? SPF merupakan singkatan dari sun protection factor. SPF menjadi angka penentu seberapa lama sunscren tersebut dapat melindungi kulitmu. Misalkan, kulitmu akan memerah atau mulai terbakar 15 menit setelah terkena sinar matahari. Jika kamu menggunakan produk dengan SPF 10, maka produk tersebut akan melindungi kamu selama 150 menit (10x15 menit). Walaupun begitu, para ahli menyarankan kamu untuk re-apply sunscreen setiap dua jam sekali.

Nah, selain penggunaan sun protection, kamu juga bisa menghindari efek buruk paparan sinar matahari dengan menggunakan kacamata hitam dan jaket saat berada di luar ruangan. Semoga artikelnya bermanfaat ya!