Banyak dari perempuan yang masih meragukan kekuatan dari skincare yang menggunakan embel-embel anti aging. Nah, menurut berberapa dermatologist dan skincare expert, salah satu kandungan skincare yang cukup ampuh untuk perawatan kulit di usia lanjut adalah retinol. Penggunaan retinol juga bisa digunakan sejak dini untuk mengatasi masalah-masalah kulit saat menginjak usia lanjut lho! Tapi, ternyata masih banyak pertanyaan juga soal pemakaian retinol. Sebelum menggunakan retinol, simak dulu faktanya di bawah ini ya!

1. Perbedaan retinol dan retinoid?

5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Retinolinstagram.com/@forskinssake

Sebenarnya sama saja, tetapi retinol lebih mengacu pada produk-produk mengandung retinoid acid yang dijual bebas di pasaran sedangkan nama retinoid dipakai untuk kandungan skincare yang membutuhkan resep dokter dan pemakaianya pun harus dalam pengawasan dokter. 

Untuk pemakaian retinol, biasanya karena dijual bebas kita akan menemukan berapa kandungan dari retinol tersebut dalam suatu produk mulai dari 0,025 % sampai 2% yang beredar di pasaran. Sedangkan untuk retinoid, dokter yang akan memutuskan berapa persen yang kamu butuhkan untuk kandungan skincare agar sesuai dengan masalah kulit yang kamu alami.

2. Apa saja manfaat penggunaan retinol?

5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Retinolmedium.com

Dengan menggunakan retinol secara rutin, garis-garis halus pada kulit akan menghilang, Noda hitam pada kulit juga akan memudar serta wajah bisa terlihat lebih cerah. Dalam beberapa kasus, ternyata retinol juga sukses  merawat kulit berjerawat sehingga jerawat lebih tenang dan menghilang secara perlahan.

3. Usia berapa kita harus mulai menggunakan retinol?

5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Retinolcoveteur.com

Penggunaan skincare dengan kandungan anti-aging bisa digunakan sebelum munculnya garis-garis halus pada kulit. Namun, untuk retinol sendiri, walaupun tidak ada batasan usia, kebanyakan yang menggunakannya adalah usia 25 tahun ke atas.

4. Apa yang harus diperhatikan dalam penggunaan retinol?

Pertama, penggunaan retinol untuk pertama kali pasti akan menimbulkan berberapa efek samping. Hal yang sering terjadi adalah kulit mendadak kering dan terasa lebih sensitif. Keadaan kulit ini akan berlangsung dalam waktu 1-2 minggu saat awal penggunaan retinol. Nah, apabila efek yang kamu rasakan sudah terlalu mengganggu kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan produk retinolmu sebanyak 2-3 kali seminggu saja.

Kedua, karena pemakaian produk mengandung retinol dapat meningkatkan sensitivitas terhadap matahari sebaiknya produk skincare mengandung retinol digunakan pada malam hari. Jangan lupa untuk memakai sunscreen di pagi harinya ya,

5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Retinolpinterest.com

Ketiga, kunci untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dari produk mengandung retinol adalah sabar. Kesabaran sangat dibutuhkan karena proses kerja retinol tidak bisa hanya dilihat 1-2 minggu saja. Hasil akan terlihat setelah 4 – 5 minggu pemakaian dari produk tersebut.

Keempat, gunakan moisturizer sesuai jenis kulit untuk mencegah kulit dehidrasi. Di beberapa orang retinol menimbulkan efek kering oleh karena itu kamu wajib menggunakan moisturizer untuk sehari-hari dengan kadar air yang cukup tinggi agar kulitmu tidak dehidrasi.

5. Apa saja produk yang mengandung retinol?

5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Retinolallure.com

Sebetulnya produk skincare mengandung retinol cukup banyak kok dijual bebas mulai dari serum hingga night cream. Perlu diperhatikan pemakaian retinol harus dimulai dengan konsentrasi yang paling rendah agar kamu bisa tahu apakah kulitmu cocok atau tidak menggunakan retinol.