Beberapa orang mengaku menghilangkan jerawat bukan hal yang sulit. Cukup menggunakan spot treatment setiap malam dan rajin membersihkan muka, jerawat akan lebih cepat hilang. Tetapi ternyata yang sulit hilang adalah bekasnya! Walaupun jerawat sudah hilang, ternyata bekasnya tidak langsung ikut hilang. Bikin frustasi ya permasalahan kulit berjerawat ini?

Perlu diketahui, bekas jerawat yang sulit hilang di sini adalah post inflammation hyperpigmentation (PIH) bukan luka bekas jerawat atau acne scar. Bekas jerawat yang berwarna gelap yang disebut PIH ini adalah salah satu bekas jerawat yang paling bikin orang frustasi karena membutuhkan waktu lama untuk benar-benar menghilang.

1. Salah Cara Merawat Kulit

Wajib Tahu, Ini Alasan Mengapa Bekas Jerawat Susah Hilangaverraglow.com

Salah cara merawat kulit ternyata bisa menjadi salah satu alasan yang mengakibatkan bekas jerawat mudah hilang. Penggunaan produk skincare terlalu banyak juga ternyata tidak akan menyelesaikan masalah. Sedang jerawatan dan memiliki banyak bekas jerawat? Atasi dulu jerawatnya, setelah kering baru mulai merawat bekas jerawatnya.

Penggunaan produk yang terlalu banyak ternyata juga menjadi sebab bekas jerawat tidak hilang dengan cepat. Hal ini karena kandungan yang dikhususkan untuk menghilangkan bekas jerawat tidak bekerja secara maksimal.

2. Tidak Menggunakan Sunscreen Saat Beraktivitas di Siang Hari

Wajib Tahu, Ini Alasan Mengapa Bekas Jerawat Susah Hilanghuffpost.com

Tidak menggunakan sunscreen ternyata juga bisa jadi penyebab kenapa bekas jerawat sulit hilang. Sunscreen memiliki kandungan untuk menghambat produksi zat melanin pada kulit orang Asia sehingga tidak reaktif seperti sebelumnya yang memicu terjadinya flek hitam pada wajah. Oleh karena itu, apabila kamu merasa memiliki kulit dimana bekas jerawat tidak mudah hilang baiknya kamu mulai rajin menggunakan sunscreen ya.

Oh ya selain itu, karena kandungan sunscreen yang juga cukup kuat, kamu wajib melakukan double cleansing setelah selesai beraktivitas agar tidak menimbulkan masalah baru pada kulit. Tidak melakukan double cleansing akan menyebabkan terjadinya pore clogging atau munculnya jerawat baru yang juga meresahkan.

3. Jenis Kulit Orang Asia Lebih Sensitif

Wajib Tahu, Ini Alasan Mengapa Bekas Jerawat Susah Hilangallure.com

Pernah merasa orang-orang luar jarang memiliki masalah dengan bekas jerawat? Betul, untuk karakter kulit orang barat biasanya lebih ke mudah mengalami tanda penuaan dini, terbakar dan rawan terkena kanker kulit.

Berbeda dengan kulit orang Asia yang tidak mudah menimbulkan tanda-tanda penuaan dini, ternyata kulit orang Asia lebih rawan akan flek hitam atau bekas jerawat. Ternyata hal ini dipengaruhi oleh struktur lapisan kulit pada kebanyakan orang Asia yang cenderung lebih tipis. Selain itu, zat melanin pada kulit orang Asia disebut lebih reseptif akan cahaya. Setiap mengalami inflamasi, baik karena jerawat atau paparan sinar matahari dapat menimbulkan flek hitam (dark spot). Dan akibat zat melanin yang lebih reseptif tersebut serta lapisan kulit yang tipis, itu menyebabkan bekas jerawat tidak bisa hilang dengan mudah.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat

Wajib Tahu, Ini Alasan Mengapa Bekas Jerawat Susah Hilangglamour.co.uk

Nah, karena sudah tahu alasan mengapa bekas jerawat susah hilang, kamu bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah munculnya bekas jerawat dengan warna yang sangat gelap. Salah satunya adalah tidak memencet jerawat saat sedang aktif, kemudian rajin melakukan double cleansing, menggunakan sunscreen setiap hari dan juga menggunakan produk perawatan yang khusus untuk mencerahkan bekas jerawat.

Saat ini, produk perawatan yang khusus mencerahkan bekas jerawat sudah banyak tersedia. Tetapi pilihlah yang paling cocok dengan karakter kulitmu ya! Pastikan kamu memilih produk perawatan khusus yang memiliki kandungan kombinasi active ingredients dan natural sehingga reaksinya tidak terlalu keras pada kulit seperti kulit mengelupas, berwarna kemerahan dan terasa perih.