Maskeran itu perlu nggak sih kalau udah rajin cuci muka setiap habis beraktivitas? Jawabanya adalah tentu saja perlu! Masker wajah atau face mask adalah satu satu tahap merawat kulit wajah yang berfungsi untuk membersihkan kulit wajah serta menutrisinya. Beberapa bentuk masker wajah yang lumayan populer adalah wash-off mask, peel-off mask atau sheet mask. Berbagai varian masker pun sudah tersedia di pasaran sesuai dengan kebutuhan.

Nah, untuk kulit cenderung berjerawat, pemakaian masker wajah perlu dilakukan minimal 1 kali seminggu untuk mengangkat kotoran serta mengontrol minyak berlebih pada wajah. Khusus kamu yang memiliki kulit berjerawat, Popbela punya rekomendasi 7 masker wajah lokal yang bisa kamu coba!

1. Sariayu Krem Masker Jerawat

7 Rekomendasi Masker Lokal untuk Wajah Bebas Jerawatwww.instagram.com/@sariayu_mt

Salah satu masker jerawat yang sudah cukup lama ada di Indonesia yaitu Sariayu Krem Masker Jerawat. Produk ini mengandung ekstrak daun sirih sebagai antispetik sehingga dapat mengobati jerawat yang sedang aktif serta mengandung pegagan atau yang saat ini lagi eksis disebut sebagai centella asiatica yang berfungsi untuk menenangkan jerawat serta mencegah terjadinya bopeng pasca jerawat pada wajah.

Tekstur dari masker ini walaupun bernama krem cukup cair sehingga apabila kita menuangkan produk jangan sampai tumpah. Krem Masker Jerawat Sariayu ini berbentuk cair yang apabila diaplikasikan diwajah akan mengeras, pemakaian cukup 10-15 menit lalu dibilas.

2. Mineral Botanica Acne Care Masque

7 Rekomendasi Masker Lokal untuk Wajah Bebas Jerawatshopee.co.id/@mineralbotanicaofficialshop

Mineral Botanica baru saja memformulasikan ulang produk Acne Care Masque yang saat ini sudah mengandung charcoal yang dapat mengangkat minyak berlebih pada wajah, sel kulit mati, komedo serta dapat menyamarkan pori-pori. Selain itu di dalam produk ini terdapat Salycilic Acid yang dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada jerawat pada wajah kita. Yang menariknya, masker ini berbentuk peel-off lho! Kamu cukup memakai produk ini 15-30 menit lalu mulai kelupaskan masker dari sisi terluar, wajah akan terasa lebih bersih dan jerawat pun mulai mereda dalam berberapa kali pemakaian.

3. Emina Greentea Latte Face Mask

7 Rekomendasi Masker Lokal untuk Wajah Bebas Jerawatshopee.co.id/@eminaofficial

Selain memiliki harga yang sangat terjangkau dan packaging yang juga lucu, masker dengan nama Greentea Latte Face Mask dari Emina ini dapat menjaga pH pada kulit wajah sehingga seimbang serta memberikan kelembutan pada kulit wajah. Masker ini berbahan dasar air sehingga aman dipakai di kulit wajah apabila sedang berjerawat dan juga mengandung glycerin yang dapat melembutkan kulit serta mengobati kulit yang sedang berjerawat. Bentuk masker ini adalah masker wash-off yang dapat kamu pakai 5-15menit kemudian dibilas dengan air.

4. Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

7 Rekomendasi Masker Lokal untuk Wajah Bebas Jerawatwww.instagram.com/@luxcrime_id

Brand indie ini sangat tahu kebutuhan si pemilik kulit berjawat. Luxcrime mengeluarkan masker wajah yang dapat membantu meredakan kulit berjerawat baik hormonal maupun breakout karena pemakaian skincare. Kandungan active charcoal dapat membersihkan pori-pori hingga ke dalam serta daun mint yang dapat mengurangi munculnya jerawat, kemerahan maupun meredakan jerawat yang sedang aktif. Pemakaian masker ini akan menimbulkan rasa seperti digigit semut selama 2-5 detik tetapi setelahnya tidak akan terasa hal yang kurang nyaman. Masker ini sangat cocok buat kamu yang menginginkan jerawat kamu cepat kering lho! Cukup pakai masker ini 2 kali dalam satu minggu selama 10-20menit, jerawat kamu akan segera kempes.

5. Sensatia Botanicals Acne Clarifying Charcoal Mask

7 Rekomendasi Masker Lokal untuk Wajah Bebas Jerawatshopee.co.id/@sensatiabotanicals

Masker lain yang mengandung charcoal datang dari brand Sensatia Botanicals yaitu Acne Clarifying Charcoal Mask. Masker ini berbahan dasar clay yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat, menyejukan dan mengangkat minyak berlebih. 

Bahan utama yang terkandung dalam masker ini adalah charcoal yang membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati, kaolin clay yang kaya akan mineral untuk membantu mengangkat kotoran hingga ke permukaan kulit dan juga ekstrak tea tree oil yang memiliki kandungan antibakteri untuk merawat kulit yang sedang berjerawat. 

Cukup memakai masker ini 10-15menit selama 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Selain itu, packaging dari produk ini sangat ramah lingkungan yaitu dari bahan kaleng yang dapat didaur ulang. Jadi, kamu bisa merawat kulit yang sedang berjerawat serta membantu mengurangi sampah di bumi lho!

6. Lacoco Amazonian Charcoal Glow Mask

7 Rekomendasi Masker Lokal untuk Wajah Bebas Jerawatwww.instagram.com/@lacoco.id

Bagi yang belum pernah mendengar, Lacoco adalah brand skincare lokal yang menjual berbagai bentuk skincare mulai dari masker wajah sampai serum. Nah, untuk produk masker yang satu ini bernama Amazonian Charcoal Glow Mask yang memiliki kandungan utama lumpur merah dari Pulau Jeju serta dilengkapi dengan apricot scrub yang dapat membantu untuk mengangkat kotoran serta mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Kandungan charcoal sebagai antibakteri dapat merawat kulit berjerawat dan juga memberikan efek yang lebih bersih. Cukup memakai makser ini selama 10-20menit untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih dan glowing.

7. Wardah Mineral + Clarifying Clay Mask

7 Rekomendasi Masker Lokal untuk Wajah Bebas Jerawatwww.watsons.co.id

Siapa sih yang nggak kenal brand Wardah? Yup, ternyata Wardah juga memiliki produk masker wajah lho dirangkaian produk skincare-nya! Untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, kamu bisa coba Wardah Mineral+Clarifying Clay Mask. Kandungan yang diunggulkan dari masker ini adalah CarbonActiv yang dapat menyerap polutan sehingga mencegah masuknya berbagai polutan yang akan menimbulkan jerawat pada wajah. Selain itu produk ini adalah produk dengan bahan dasar air sehingga sangat aman digunakan dan juga mengandung kaolin yang dapat mengontrol minyak pada wajah.

Nah, itu tadi 7 rekomendasi masker wajah lokal yang bisa digunakan untuk kamu yang memiliki kulit cenderung berjerawat. Mana yang akan kamu coba, Bela?