Salah satu hal yang dapat membantu untuk menghilangkan jerawat adalah menjaga pola makan. Untuk mendapatkan kulit bebas dari jerawat, pola makan perlu kita atur, salah satunya adalah memastikan makanan yang dikonsumsi susah sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ada beberapa makanan yang ternyata juga dapat membantu menghilangkan jerawat lho. Hal ini karena makanan-makanan tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk dengan cepat melawan penyebab-penyebab jerawat seperti bakteri, inflamasi dan masih banyak lagi. Penasaran? Ini dia 7 makanan yang dapat menghilangkan jerawat!

1. Alpukat

Nggak Cuma Enak, 7 Makanan Ini Bantu Atasi Jerawatmedicalnewstoday.com

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang disebut dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Selain membantu menghilangkan jerawat, alpukat juga dipercaya dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk tampil lebih sehat. Ternyata ini dapat terjadi karena di dalam alpukat terkandung vitamin E yang dapat menutrisi kulit dan juga vitamin C yang dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit.

2. Wortel

Nggak Cuma Enak, 7 Makanan Ini Bantu Atasi Jerawathealthline.com

Wortel adalah makanan jenis sayuran yang juga dapat membantu menghilangkan jerawat. Di dalam wortel terdapat beta karoten yang dipercaya dapat mencegah terjadinya jerawat pada kulit. Selain untuk jerawat, mengkonsumsi jus wortel setiap hari juga dipercaya akan memberikan tampilan kulit yang lebih sehat dan juga membantu menjaga kesehatan mata.

3. Ikan

Nggak Cuma Enak, 7 Makanan Ini Bantu Atasi Jerawatcookpad.com

Siapa yang suka mengonsumsi ikan? Kabar baik, ternyata ikan juga adalah salah satu makanan yang dapat membantu menghilangkan jerawat lho. Di dalam ikan terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang ternyata memiliki manfaat untuk meminimalisir peradangan yang juga menjadi penyebab terjadinya jerawat. Selain itu terdapat kandungan zinc yang dapat membantu optimasi pelepasan hormon tubuh dan juga penyerapan vitamin A. Komplit banget ya manfaatnya selain menghilangkan jerawat?

4. Kacang Polong

Nggak Cuma Enak, 7 Makanan Ini Bantu Atasi Jerawathealthline.com

Bela, ternyata tidak semua jenis kacang akan menimbulkan jerawat lho salah satunya kacang polong. Kacang polong melalui studi disebut memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu untuk mengurangi peradangan pada wajah. Nah, mulai sekarang mungkin kamu bisa cek nih apakah makanan yang kamu konsumsi memiliki indeks glikemik yang rendah? Karena kalau iya, tentu ini membantu untuk menghilangkan jerawat nih!

5. Bawang Putih

Nggak Cuma Enak, 7 Makanan Ini Bantu Atasi Jerawatpixabay.com

Bawang putih memang disebut-sebut sebagai salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membunuh mikroorganisme penyebab inflamasi. Di dalam bawang putih terdapat zat selenium, zat inilah yang membuat bawang putih menjadi makanan yang dapat menghilangkan jerawat.

6. Lemon

Nggak Cuma Enak, 7 Makanan Ini Bantu Atasi Jerawatdok.Internet

Selain dapat mencerahkan wajah, ternyata air perasan lemon juga dapat memecah racun dan juga lemak yang mengendap penyebab penyumbatan pori-pori. Tentunya ini menjadikan lemon sebagai salah satu makanan yang juga dapat membantu menghilangkan jerawat. Selain konsumsi jus lemon, menggunakan air perasan lemon untuk mengompres wajah dapat membantu menghilangkan kotoran penyebab jerawat.

7. Almond

Nggak Cuma Enak, 7 Makanan Ini Bantu Atasi Jerawathealthline.com

Saat ini almond menjadi salah satu makanan populer khususnya untuk orang-orang yang mulai mengganti susu murni, biasanya akan mencoba susu almond. Almond memiliki kemampuan untuk merawat kulit dimana dapat memperbaik sel-sel kulit yang telah rusak. Kandungan omega 3 di dalam almond juga membantu untuk melarutkan minyak kulit (sebum), meringankan peradangan. Yang lebih baik lagi, bukan hanya menghilangkan jerawat, konsumsi almond setiap hari dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat.

Itu tadi adalah 7 makanan yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Jangan lupa, penggunaan skincare yang sesuai juga sangat diperlukan lho untuk mengatasi jerawat. Jadi selain menjaga pola makan, kamu tetap wajib untuk melakukan skincare routine dengan produk yang sesuai ya, Bela!