Facial wash atau sabun cuci muka adalah salah satu produk basic skincare. Walaupun begitu ternyata, masih banyak yang salah dalam penggunaannya. Hal ini tentu dapat membuat kulit tidak sehat lho. Wah, ternyata cukup tricky ya merawat kulit?

Sebelum menggunakan produk skincare lain, kita wajib menggunakan produk cleanser terlebih dahulu. Facial wash ini masuk dalam kategori cleanser di mana berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran yang menempel pada kulit. Biar wajah tetap bersih dan sehat, berikut ini 6 kesalahan penggunaan facial wash yang wajib kamu hindari!

1. Melewatkan Penggunaan First Cleanser

6 Kesalahan Memakai Facial Wash yang Mungkin Masih Kamu Lakukanallure.com

Sebelum menggunakan facial wash, kamu perlu membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan produk first step cleanser. Produk first step cleanser adalah micellar water, cleansing balm, cleansing oil atau makeup remover. Fungsinya adalah untuk mengangkat sisa-sisa makeup dan skincare lain yang kamu gunakan sepanjang hari. Nah, setelah memastikan sudah bersih, kamu baru diperbolehkan untuk menggunakan facial wash yang memastikan kulit lebih bersih lagi dan juga terasa segar.

2. Memilih Facial Wash yang Tidak Sesuai Jenis Kulit

6 Kesalahan Memakai Facial Wash yang Mungkin Masih Kamu Lakukanbendsoap.com

Sama seperti produk skincare lain, kamu juga perlu menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Penggunaan facial wash yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan menyebabkan permasalahan pada kulitmu. Sebagai contoh apabila kulitmu kering, pilihlah facial wash yang bersifat melembapkan kemudian apabila kulitmu acne prone bisa menggunakan kandungan yang menenangkan seperti aloe vera, centella asiatica atau mughwort.

3. Menggunakan Facial Wash yang Kandungannya Keras

6 Kesalahan Memakai Facial Wash yang Mungkin Masih Kamu Lakukantimesnow.com

Baiknya, agar kulit tidak bermasalah, pilih facial wash yang gentle dan juga kandungan pH seimbang. Facial wash yang gentle dan memiliki pH seimbang biasanya tidak akan meninggalkan rasa kering saat digunakan. Sebagai tips gunakan facial wash yang apabila dibilas tidak meninggalkan rasa kesat di wajah serta tekstur yang creamy.

4. Tidak Membusakan Facial Wash Terlebih Dahulu

6 Kesalahan Memakai Facial Wash yang Mungkin Masih Kamu Lakukankosmetista.com

Psst….apakah kamu tahu facial wash yang dibusakan terlebih dahulu akan lebih menyerap pada kulit? Nah, kesalahan umum yang sering terjadi adalah kita tidak membusakan facial wash terlebih dahulu sehingga formulanya tidak cukup menyerap pada kulit sehingga kulit tidak bersih. Biasakan untuk membusakan terlebih dahulu facial wash sebelum kamu gosokan pada wajah ya Bela agar wajah terasa lebih bersih dan segar!

5. Menggosok Wajah dengan Handuk

6 Kesalahan Memakai Facial Wash yang Mungkin Masih Kamu Lakukanallure.com

Siapa di sini yang masih sering menggosok wajah dengan handuk setelah membersihkannya? Nah, kebiasaan ini akan membuat kulit menjadi sensitif lho. Permukaan handuk umumnya kasar ini apabila terlalu sering tergesek pada wajah akan menyebabkan iritasi serta munculnya kerutan pada wajah. Oleh karena itu setelah mencuci muka dengan facial wash, baiknya tepuk-tepuk saja wajah dengan tis\su atau handuk kecil yang memiliki serat lebih lembut.

6. Tidak Menggunakan Toner

6 Kesalahan Memakai Facial Wash yang Mungkin Masih Kamu Lakukanhealthline.com

Setelah kulit terasa bersih dan segar tentu kamu tidak boleh melewatkan penggunaan skincare lainnya, Bela. Setelah mencuci muka, biasakan untuk menggunakan produk penyegar atau hidrasi yaitu toner atau essence. Gunakan toner atau essence yang mengandung kandungan dapat mengikat air serta melembapkan kulit untuk memastikan kulit tetap lembap dan sehat.