Salah satu hal yang sering dikeluhkan perempuan selain jerawat adalah pori-pori yang tampak besar. Memiliki pori-pori besar ternyata memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Nilai plusnya, wajah kita lebih cepat mengeluarkan zat yang tidak diperlukan tubuh seperti keringat dan minyak berlebih. 

Tetapi, ada minusnya yaitu wajah rentan berjerawat karena kotoran juga cepat menyumbat serta makeup tidak tahan lama akibat minyak berlebih yang keluar dari wajah. Daripada hanya mengeluhkan keadaan ini, simak artikel ini untuk mengatasi permasalahan pori-pori besarmu!

Memastikan Kebersihan Pori-Pori Wajah

Ini Cara Merawat Kulit dengan Pori-pori Besarthewest.com.au

Bagaimana cara melakukannya? Caranya mudah, yaitu dengan cara melakukan double cleansing setiap kali kamu habis beraktivitas di luar rumah. Jangan salah, ternyata walaupun sehari-hari tidak memakai riasan pun pasti banyak kotoran yang hinggap di wajah akibat polusi udara dan juga keringat saat beraktivitas. 

Oleh karena itu, untuk menjaga pori-pori kita wajib melakukan double cleansing di malam hari dimulai dengan step pertama menggunakan cleansing oil/cleansing balm kemudian step kedua dilanjutkan dengan menggunakan facial foam atau cleansing foam sesuai jenis kulit.

Deep Cleansing

Ini Cara Merawat Kulit dengan Pori-pori Besarebony.com

Sebenarnya, deep cleansing adalah cara kedua untuk menjaga pori-pori tetap bersih serta tidak membuat pori-pori terlihat besar. Deep cleansing bisa dilakukan seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil maksimal yaitu pori-pori yang bersih dan terlihat lebih kecil. Dan deep cleansing pun terdiri dari dua cara yaitu :

  • Menguap Wajah untuk mengeluarkan komedo yang menjadi sumbatan pori-pori. Komedo terjadi karena berbagai faktor salah satunya adalah polusi udara yang hinggap pada wajah. Menguap wajah adalah cara kita membuka pori-pori sehingga dapat mengeluarkan komedo yang menyumbat pori-pori. Gunakan sarung tangan latex untuk memencet kulit yang terdapat komedo agar tetap bersih. Setelah selesai membersihkan komedo pada wajah, jangan lupa kompres wajah dengan es batu agar pori-pori kembali tertutup.
  • Memakai clay mask dengan kandungan charcoal untuk membersihkan wajah. Charcoal dipercaya dapat menarik kotoran-kotoran pada wajah hingga bersih sehingga menggunakan clay mask dengan kandungan charcoal sangat disarankan bagi si pemilik pori-pori besar untuk memastikan kebersihanya tetap terjaga sehari-hari. Selain itu clay mask memiliki fungsi untuk menyerap minyak berlebih pada wajah.

Menggunakan Primer Yang Dapat Melindungi Pori-Pori Saat Memakai Makeup

Ini Cara Merawat Kulit dengan Pori-pori Besarallure.com

Salah satu cara melindungi pori-pori agar tidak disumbat oleh makeup adalah dengan menggunakan face primmer sebelum menggunakan makeup. Face primer memiliki manfaat dapat melindungi pori-pori agar tidak terjadi pore clogging serta memastikan kulit kita siap untuk dipulaskan makeup. Rekomendasi face primer yang cocok digunakan untuk pemilik pori-pori besar adalah yang memiliki kandungan silikon agar dapat mengisi pori-pori sehingga tidak tersumbat makeup.

Baca Juga: Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Cepat