Jerawat seringkali muncul secara tiba-tiba dan mengganggu penampilan. Mengatasi jerawat merupakan salah satu tindakan yang cukup tricky dilakukan. Tetapi jangan khawatir, ternyata ada lho cara menghilangkan jerawat yang bisa kamu lakukan di rumah. Intip di bawah ini ya!

1. Menggunakan Es Batu

7 Cara Menghilangkan Jerawat yang Mudah dan Ampuhonlymyhealth.com

Sama seperti dalam penyembuhan luka lainya, ternyata es batu dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Dengan mengompres jerawat dengan menggunakan es batu, peredaran darah pada kulit sekitar area jerawat diharapkan akan lancar sehingga dapat mempercepat penyembuhan jerawat.

2. Menggunakan Uap Dari Air Hangat

7 Cara Menghilangkan Jerawat yang Mudah dan Ampuhverywellhealth.com

Uap yang dihasilkan air panas ternyata dapat membuka pori-pori pada kulit sehingga kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori dapat dibersihkan. Salah satu penyebab terjadinya jerawat adalah adanya kotoran yang menyumbat pori-pori. Kamu dapat menguap wajahmu selama 2-5 menit sebelum membersihkan wajahmu dengan cleanser favorit untuk membersihkan wajahmu secara maksimal.

3. Menggunakan Toner Alami Setiap Malam

7 Cara Menghilangkan Jerawat yang Mudah dan Ampuhstylecraze.com

Toner merupakan salah satu skincare yang wajib digunakan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Apabila kulitmu sedang berjerawat, kamu bisa menggunakan toner dari cuka apel untuk menghilangkan jerawat. Cuka apel mengandung kandungan anti inflamasi sehingga baik digunakan untuk merawat kulit berjerawat. 

4. Menggunakan Masker Dari Bahan Alami

7 Cara Menghilangkan Jerawat yang Mudah dan Ampuhmountainherbs.in

Ada beberapa bahan-bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat antara lain kunyit, pepaya, soda kue, yoghurt, dan jeruk nipis. Gunakan masker 2 kali seminggu setiap malam setelah membersihkan wajah agar mendapatkan hasil maksimal.

5. Menggunakan Spot Treatment Dimalam Hari

7 Cara Menghilangkan Jerawat yang Mudah dan Ampuhallure.com

Jangan melupakan bahwa jerawatmu pun tidak bisa dihilangkan tanpa diobati. Gunakan spot treatment di malam hari pada bagian berjerawat untuk mempercepat penyembuhan dari jerawat tersebut. Gunakan spot treatment yang mengandung zinc, benzoyl peroxyde, atau tea tree oil untuk meredakan peradangan pada jerawat.

6. Jangan menyentuh bagian berjerawat!

7 Cara Menghilangkan Jerawat yang Mudah dan Ampuhthelist.com

Usahakan bahwa tanganmu tidak sering-sering menyentuh wajah. Dalam kegiatan sehari-hari tangan kita pasti menyentuh banyak hal dapat apabila tangan tidak bersih dapat memperparah jerawat.

7. Gunakan skincare yang tidak mengandung bahan aktif

7 Cara Menghilangkan Jerawat yang Mudah dan Ampuhmarieclaire.com

Bahan aktif pada skincare ternyata dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya jerawat. Apabila kulitmu sedang berjerawat, hindari kandungan-kandungan bersifat aktif pada skincare ya, Bela! Berberapa kandungan skincare yang merupakan kandungan aktif adalah tretinoid, retinoid, acid dan sebagainya.

Nah, itu tadi 7 hal yang bisa kamu praktikan untuk membantu penyembuhan jerawat pada kulitmu. Kira-kira yang mana yang paling susah kamu lakukan nih, Bela?