Kelamaan berada di bawah teriknya matahari biasa mengakibatkan terjadi kemerahan pada kulit serta terasa perih. Hal ini adalah tanda bahwa kulit terbakar atau biasa disebut mengalami sunburn. Walaupun sudah menggunakan sunscreen, ternyata sunburn juga bisa dialami semua orang akibat tidak melakukan re-apply sunscreen pada kulit ataupun memang durasi berdiri ditengah terik matahari terlalu lama. 

Keadaan kemerahan dan perih akibat sunburn ini biasanya cukup mengganggu baik dari segi penampilan maupun akitivitas. Tetapi, keadaan kulit pasca mengalami sunburn ternyata bisa diatasi lho! Bela, ini cara mengatasi sunburn yang ampuh dilakukan!

1. Minum lebih banyak air mineral

5 Cara Ampuh Mengatasi Sunburnwww.foodandwine.com

Mengatasi sunburn tidak hanya dilakukan dari luar tetapi juga dari dalam. Kulit yang terbakar sinar matahari ternyata menarik cairan pada kulit keluar tubuh sehingga mengalami dehidrasi. Untuk mengatasi dehidrasi ini pastikan kamu lebih banya minum air mineral ya!

2. Kompres air dingin

5 Cara Ampuh Mengatasi Sunburnglossylemon.com

Biasanya setelah kulit terbakar, saat kita masuk kedalam ruangan maka kulit akan terasa panas. Untuk mengatasi rasa panas pada kulit akibat sunburn, cara mengurangi rasa panas sementara yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres kulit dengan air dingin. Tetapi, jangan mengompres langsung ya gunakan handuk atau kain bersih agar kulit bisa lebih beradaptasi.

3. Gunakan pelembap yang memiliki fungsi anti peradangan

5 Cara Ampuh Mengatasi Sunburnwww.independent.co.uk

Setelah itu, melakukan dua hal diatas langkah selanjutnya yang ampuh mengatasi sunburn adalah dengan cara menggunakan pelembap kulit secara rutin. Pastikan pelembap kulit yang digunakan mengandung kandungan anti peradangan seperti misalkan aloe vera, mentimun dan juga centella asiatica. Dengan begitu, kamu memastikan bahwa tidak ada masalah kulit lain yang akan muncul.

4. Melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen

5 Cara Ampuh Mengatasi Sunburnwww.byrdie.com

Walaupun memang sedang mengalami sunburn, kamu tetap wajib menggunakan sunscreen kemanapun lho Bela! Hal ini dilakukan untuk melindungi kulit semakin parah akibat terpapar sinar matahari langsung. Pastikan sunscreen tetap digunakan dan kandungan sunscreen yang digunakan tidak mengiritasi kulit.

5. Konsultasi dengan dokter spesialis kulit

5 Cara Ampuh Mengatasi Sunburnwww.yahoo.com

Nah, kalau memang sunburn yang terjadi dibarengi dengan demam atau perasaan lain yang mengganggu Popbela menyarankan kamu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit yang kamu percaya. Hal ini harus dilakukan agar kamu tahu sejauh apa sunburn yang kamu alami mempengaruhi daya tahan tubuhmu.