Pernah merasa risih dengan munculnya guratan putih pada kulit? Guratan tersebut biasa disebut sebagai selulit atau stretch mark. Biasanya stretch mark ini muncul di bagian tubuh yang memiliki konsentrasi lemak tinggi seperti perut, lengan, paha atas dan pantat. Munculnya stretch mark sendiri disebabkan oleh kulit yang mengalami peregangan dan tubuh berkembang lebih cepat dari pertumbuhan kulit dan memunculkan warna guratan putih atau kemerahan.

Munculnya stretch mark ini di bagian tubuh seringkali membuat seseorang tidak percaya diri khususnya saat berpakaian. Nah buat kamu yang ingin mengatasi ternyata bisa lho, Bela. Berikut ini adalah 5 cara yang ampuh untuk mengatasi stretch mark yang bisa kamu coba!

1. Mengoleskan Minyak Zaitun dan Madu

Cara Mengatasi Stretch Marks yang Bikin Nggak Pedescitechdaily.com

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang dapat menjaga kelembapan kulit dan kandungan air di dalamnya. Selain untuk menjaga kelembapan, minyak zaitun juga dapat membantu meregenerasi sel-sel yang rusak.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampurkan dengan madu untuk membantu mengatasi penampakan dari stretch mark. Caranya adalah campurkan minyak zaitun dan madu kemudian oleskan pada kulit dimana muncul stretch mark, kemudian biarkan meresap beberapa saat lalu bilas dengan air hangat.

2. Mengoleskan Putih Telur

Kandungan pada putih telur yang dapat mengatasi munculnya stretch mark adalah protein. Kandungan protein tinggi pada putih telur ini membantu untuk meregenerasi sel-sel kulit sehingga dapat menyamarkan stretch mark yang muncul.

Cara penggunaannya adalah dengan memisahkan putih telur dan kuning telur kemudian oleskan putih telur pada kulit diamkan hingga mongering kemudian bilas dengan air. Lakukan ritual ini sebelum mandi pada sore atau malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Masker Gel Lidah Buaya

Cara Mengatasi Stretch Marks yang Bikin Nggak Pedevogue.in

Selain membuat kulit terasa dingin dan lembap, gel lidah buaya juga dapat membantu untuk mengatasi penampakan stretch mark. Kandungan vitamin E pada lidah buaya membuat penampilan kulit lebih lembap, kencang dan elastis hingga stretch mark pun penampakannya akan berkurang. Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan gunakan gel lidah buaya pada bagian tubuh yang terdapat stretch mark secara rutin.

4. Scrub dengan Madu

Cara Mengatasi Stretch Marks yang Bikin Nggak Pedehealthline.com

Kemunculan stretch mark biasanya akan membuat kulit terasa gatal di beberapa kasus. Untuk mengatasi rasa gatal, madu bisa menjadi solusinya. Madu yang mengandung kandungan antiseptik dapat meredakan gatal.

Untuk mendapatkan tampilan kulit yang lebih halus dan membuat penampilan stretch mark berkurang, campurkan madu dan scrub. Gunakan saat mandi seminggu tiga kali untuk hasil kulit yang lebih glowing, halus dan kencang.

5. Penggunaan Body Butter dan Lotion

Cara Mengatasi Stretch Marks yang Bikin Nggak Pedepopsugar.com

Nah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kemunculan stretch mark adalah dengan rajin menggunakan body butter dan lotion. Kandungan pada dua produk body care ini dapat melembapkan kulit dan juga menjaga untuk mengatasi munculnya stretch mark.