Tidak hanya harus dirawat, kulit juga perlu dilindungi. Kulit perlu dilindungi dari paparan sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan permasalahan kulit yang mengganggu. Beberapa permasalahan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari adalah kulit menjadi kemerahan, kering, muncul hiperpigmentasi dan juga muncul garis-garis halus tanda penuaan dini. Wah ternyata cukup banyak ya?

Oleh karena itu penggunaan sunscreen adalah salah satu bentuk perlindungan yang bisa kita lakukan untuk kulit. Tetapi penggunaan sunscreen pun sampai saat ini masih banyak yang salah lho. Nah, dapat melindungi kulit maksimal, simak cara penggunaan sunscreen yang benar yuk, Bela!

1. Menggunakan Sunscreen dengan Formula Minimum SPF 30

Biar Lebih Maksimal, Ini Cara Pakai Sunscreen yang Benar!health.harvard.edu

Kamu perlu menggunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit. Selanjutnya, pastikan sunscreen yang digunakan minimal dengan kandungan SPF30. Semakin tinggi level SPF dalam sunscreen semakin tinggi efektivitasnya. Sebagai contoh, sunscreen dengan kandungan SPF30 dapat melindungi hingga 97% dari sinar UVB.

2. Gunakan Sebelum Beraktivitas

Biar Lebih Maksimal, Ini Cara Pakai Sunscreen yang Benar!healthline.com

Jangan pernah keluar dari rumah tanpa menggunakan sunscreen ya. Bahkan ternyata apabila kamu beraktivitas di rumah dan kemungkinan terpapar sinar matahari tetap perlu lho untuk menggunakan sunscreen.

Pastikan kamu menggunakan sunscreen minimal 30 menit sebelum beraktivitas baik di rumah maupun luar rumah. Hal ini karena ternyata sebuah penelitian menyebutkan bahwa sunscreen membutuhkan waktu untuk menyerap sempurna pada kulit.

3. Digunakan di Atas Moisturizer

Biar Lebih Maksimal, Ini Cara Pakai Sunscreen yang Benar!news18.com

Bela, catat baik-baik jangan sampe salah ya! Penggunaan sunscreen digunakan setelah selesai menggunakan basic skincare product. Dengan kata lain, sunscreen wajib digunakan setelah penggunaan moisturizer. Sunscreen wajib diaplikasikan pada lapisan teratas kulit karena lebih mudah terpapar oleh sinar matahari.

4. Re-apply Sunscreen

Biar Lebih Maksimal, Ini Cara Pakai Sunscreen yang Benar!dok.Internet

Re-apply sunscreen atau mengulangi penggunaan sunscreen wajib dilakukan guna memastikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari tetap maksimal. Apabila kamu menggunakan makeup untuk kegiatan sehari-hari, re-apply sunscreen bisa dilakukan dengan produk sunscreen berupa powder atau mist yang hanya tinggal disemprotkan saja. Cukup mudah bukan melindungi kulit dari paparan sinar matahari?

5. Menggunakan Sunscreen Secukupnya

Biar Lebih Maksimal, Ini Cara Pakai Sunscreen yang Benar!self.com

Pastikan kamu telah menggunakan sunscreen sesuai dengan takaran untuk mendapatkan perlindungan sempurna. Dua ruas jari adalah ukuran sunscreen yang disarankan untuk digunakan pada wajah. Jangan lupa, Bela juga perlu memilih sunscreen sesuai dengan jenis kulit ya!