Bela, pernah nggak sih sadar bahwa berbagai produk skincare dengan kandungan AHA dan BHA tidak dianjurkan untuk digunakan siang hari dan disarankan dipakai pada malam hari? Selain itu, biasanya apabila menggunakan skincare dengan kandungan AHA dan BHA pada malam harinya, sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen di siang hari. Apa sih alasannya?

Ternyata anjuran ini bukan sembarang anjuran lho, Bela. AHA dan BHA adalah dua kandungan yang masuk ke dalam jenis chemical exfoliant, artinya dua kandungan ini dapat melakukan eksfoliasi pada kulit. Lalu, apa hubungannya sih kenapa nggak boleh digunakan siang hari? Yuk baca artikelnya biar kamu lebih paham tentang skincare dengan kandungan AHA dan BHA!

Kandungan yang Menyebabkan Photosensitivity

Alasan Skincare AHA dan BHA Dianjurkan Digunakan Pada Malam Hariskinsensenatural.com

Kandungan yang tergolong exfoliant ternyata dapat menyebabkan photosensitivity. Kulit yang baru saja tereksfoliasi akibat penggunaan AHA dan BHA ternyata dapat menjadi lebih sensitif, khususnya di bawah matahari. Photosensitivity sendiri adalah reaksi negatif pada kulit yang ditimbulkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV). Oleh karena itu, anjuran penggunaan sunscreen di siang hari tidak boleh diabaikan sama sekali.

Apakah AHA dan BHA Menyebabkan Photosensitivity?

Alasan Skincare AHA dan BHA Dianjurkan Digunakan Pada Malam Haritheskincareedit.com

Chemical exfoliant adalah golongan kandungan skincare yang dikenal dapat meningkatkan risiko photosensitivity selain dari golongan retinoid. Chemical exfoliant yang paling populer ada di dalam skincare adalah glycolic acid dan salicylic acid. Nah tapi sebenernya apakah benar kandungan AHA dan BHA dapat menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari?

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa penggunaan produk mengandung BHA ternyata dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Aplikasi salicylic acid dengan tingkat 2% sebelum terpapar sinar matahari ternyata dapat mengurangi risiko terjangkit eritema. Dengan kata lain penggunaan produk dengan kandungan BHA malah dapat mencegah peningkatan sensitivitas kulit pada sinar matahari. Nah, tapi berlaku sebaliknya nih Bela dengan AHA. Dalam penelitian, penggunaan produk dengan kandungan glycolic acid di siang hari dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari yang berakibat buruk seperti terlihat kemerahan dan juga terasa perih.

Apakah Skincare AHA dan BHA Aman Digunakan Siang Hari?

Alasan Skincare AHA dan BHA Dianjurkan Digunakan Pada Malam Haribyrdie.com

Sebenarnya, ada alasan di balik mengapa produk mengandung AHA dan BHA dianjurkan hanya digunakan malam hari saja lho. Apabila produk dengan jenis chemical exfoliant digunakan terlalu sering akan menyebabkan kulit mengalami over exfoliating dan lebih sensitif di bawah matahari.

Walaupun sudah ada studi yang mengatakan bahwa penggunaan skincare dengan kandungan BHA tidak membuat kulit menjadi lebih sensitif, memang sebaiknya produk dengan golongan chemical exfoliant digunakan malam hari. Ini akan membantu untuk produk lebih bekerja saat kita sedang berisitirahat dan juga meminimalisir risiko kulit terasa perih dan berwarna kemerahan di siang hari yang mengganggu aktivitas.

Kesimpulannya?

Alasan Skincare AHA dan BHA Dianjurkan Digunakan Pada Malam Harimidlifecoveting.com

Jadi, sebenarnya produk-produk yang digolongkan sebagai chemical exfoliant tidak tanpa sebab disarankan untuk digunakan hanya pada malam hari. Pertama, penggunaan malam hari dapat membantu kandungan bekerja lebih baik dan yang kedua adalah karena penggunaan skincare mengandung chemical exfoliant yang berlebihan akan melemahkan skin barrier pada kulit serta menyebabkan kulit lebih sensitif di bawah sinar matahari.

Anjuran penggunaan sunscreen juga sangat disarankan tetapi tidak hanya saat kita menggunakan produk mengandung AHA dan BHA saja lho. Sunscreen adalah salah satu produk skincare wajib yang digunakan siang hari untuk membantu kulit terhindar dari efek-efek buruk paparan sinar matahari seperti munculnya garis-garis halus dan juga munculnya flek hitam pada wajah.

Baca Juga: Deretan Produk Skincare yang Mengandung Niacinamide, Patut Dicoba!

Baca Juga: Punya Kulit Sensitif? Ini Produk Skincare yang Wajib Kamu Hindari

Baca Juga: Urutan Menggunakan Skincare di Malam Hari, Simpel dan Efektif