Jangan Asal! Ini 5 Tips Memilih Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat

Yuk, segera dicoba tipsnya!

Jangan Asal! Ini 5 Tips Memilih Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Sabun muka atau face wash berfungsi untuk membersihkan kotoran, makeup, serta debu yang menempel di wajah. Masing-masing jenis kulit memiliki sabun muka yang diformulasikan khusus bagi kondisi kulit mereka.

Tak terkecuali bagi kamu pemilik wajah yang berjerawat, kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih sabun muka. Pasalnya salah memilih sabun muka bisa berpotensi membuat kondisi wajahmu makin parah entah jadi makin berjerawat atau justru malah kering.

Karenanya, sederet tips memilih sabun muka berikut ini wajib kamu perhatikan dengan baik agar tak salah pilih. Seperti apa dan bagaimana tipsnya? Intip sama-sama, yuk!

1. Cek kemasan sabun muka apakah tertulis gentle surfaktan atau tidak

Jangan Asal! Ini 5 Tips Memilih Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat

Surfaktan adalah sebuah zat yang mirip seperti deterjen yang mana dapat membantu untuk mengangat kotoran di wajah. Selain itu surfaktan juga merupakan zat yang dapat menghasilkan busa ketika sabun muka kita tambahkan air dan diusapakan ke wajah.

Pastikan untuk selalu mengecek apakah pada kemasan sabun muka kamu tertera tulisan gentle surfaktan. Pasalnya kandungan surfaktan yang terlalu tinggi akan berpotensi untuk membuat kulitmu kering.

Ketika kulitmu kering dan kandungan surfaktan terlalu tinggi yang ada minyak alami pada kulitmu akan habis. Meski tak tertulis dengan jelas surfaktan pada kemasan produk, cobalah untuk mencari tahu adakah bahan seperti alkyl sulfosuccinate, sodium laureth sulfate (SLES) dan juga natrium cocoyl isethionate yang tertulis di sana.

2. Jangan pilih sabun muka yang berpotensi untuk membuat kulitmu iritasi

Tak kalah pentingnya, nih, jangan pernah untuk memilih sabun muka dengan bahan yang berpotensi untuk membuat kulitmu iritasi. Bahan apakah yang dimaksud? Yup, benar sekali hindari memilih sabun muka yang mengandung alkohol ataupun wewangian.

Boleh, memilih sabun muka dengan dua kandungan tersebut hanya saja jangan sampai presentasenya terlalu tinggi. Cara mengetahui berapa presentase yang terkandung bisa kamu baca pada kemasan ataupun bahan.

Selain itu, bisa kamu ketahui dengan menciumnya. Apabila terlalu menyengat sebaiknya kamu hindari. Karena kandungan ini cukup berbahaya tak hanya bagi kulitmu yang berjerawat melainkan juga bagi kamu pemilik kulit sensitif.

Meski harus menyempatkan diri membaca satu per satu bahan yang terkandung dalam sabun muka, setidaknya jauh terasa lebih baik dibanding harus melihat wajah kita semakin parah karena asal dalam memilih sabun muka, bukan?

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here