Bela, bagaimana sih biasanya caramu menggunakan toner? Diusap? Ditepuk atau pernah dengar teknik CSM? CSM atau Chizu Saeki Method adalah teknik penggunaan skincare yang diperkenalkan oleh Chizu Saeki, seorang skincare expert asal Jepang. 

Lewat bukunya yang berjudul The Japanese Skincare Revolution, Chizu Saeki mengatakan kalau dirinya rajin menggunakan teknik ini sehingga di usianya yang sudah menginjak 75 tahun dimana kulit wajahnya tetap segar berseri. 

Teknik ini paling tepat dilakukan pada malam hari supaya kulitmu lebih rileks dan terjaga kelembapannya. Faktor kelembapan kulit ini yang bisa membuat wajah kita terlihat segar, terhindar dari kerutan dan awet muda. Bahan yang diperlukan untuk CSM pun cukup simpel kok. Simak tahapannya di bawah ini!

1. Siapkan air matang, kapas yang telah dibelah tipis, gelas atau mangkuk kecil, dan hydrating toner. Pastikan wajah sudah dalam keadaan bersih ya!

Kenali Teknik Penggunaan Toner a la Jepang yang Bantu Hidrasi KulitmuTodayshow.com

2. Rendam kapas di dalam air matang dan peras kapas hingga air tidak menetes.

Kenali Teknik Penggunaan Toner a la Jepang yang Bantu Hidrasi Kulitmubustle.com

3. Tuangkan hydrating toner ke seluruh permukaan kapas dan tempelkan kapas pada wajah. Pastikan seluruh permukaan wajah tertutup oleh lembaran kapas tersebut.

Kenali Teknik Penggunaan Toner a la Jepang yang Bantu Hidrasi Kulitmustylecraze.com

4. Tunggu sekitar 10-20 menit hingga toner benar-benar meresap ke wajah.

Kenali Teknik Penggunaan Toner a la Jepang yang Bantu Hidrasi Kulitmustylevanity.com

5. Jika sudah mengering, angkat kapas dan lanjutkan rangkaian skincare-mu yang lain. Nggak perlu dibilas lagi ya, Bela. Selamat mencoba!

Kenali Teknik Penggunaan Toner a la Jepang yang Bantu Hidrasi KulitmuPexels.com/Andrea Piacquadio