Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Manfaat Moisturizer untuk Kulit Wajah dan Cara Penggunaannya

Buat kulit lebih sehat

Nafi' Khoiriyah

Skincare untuk wajah kini ada beragam jenisnya. Mulai dari moisturizer, sunscreen, sampai dengan serum yang manfaatnya berbeda-beda.

Sering kali, kita hanya memakainya saja tanpa tahu manfaat lengkap skincare yang dipakai. Supaya kulit wajah makin terjaga, alangkah baiknya untuk tahu manfaat masing-masing skincare yang dipakai.

Kali ini, Popbela.com akan membahas manfaat moisturizer yang lengkap untuk kulit wajah. Simak ulasannya, ya!

1. Melembapkan dan mencegah kulit kering

freepik.com/studioredcup

Seperti namanya, manfaat moisturizer yang pertama tentu saja melembapkan kulit wajah. Tanpa kita sadari, setiap harinya faktor lingkungan bisa menyedot kelembapan kulit sehingga membuatnya menjadi kering.

Bukan hanya di cuaca yang panas saja, tetapi cuaca yang dingin sekalipun. Maka dari itu untuk menggantikan kelembapan yang hilang dan menjaganya tetap lembap, dibutuhkan peran moisturizer

2. Membantu melawan jerawat

freepik.com/freepik

Manfaat moisturizer selanjutnya adalah membantu mencegah banyak masalah kulit, termasuk jerawat. Biasanya, jerawat atau ruam pada kulit wajah terjadi karena kulit terlalu berminyak atau justru terlalu kering.

Nah, kamu bisa menggunakan moisturizer untuk mengembalikan kelembapan yang hilang. Pastikan moisturizer itu sesuai dengan kondisi kulitmu sehingga masalah jerawat maupun yang lainnya dapat teratasi. 

3. Memperlambat tanda penuaan

freepik.com/rawpixel.com

Tak banyak yang tahu kalau kulit yang terhidrasi akan membuat kulit kelihatan lebih muda. Setelah memakainya, kulit wajahmu akan menjadi lebih lembut, elastis, dan terhidrasi. Hal itu karena kulit yang kering akan lebih rentan dengan kerusakan dan pengelupasan.

Dengan melawan kulit kering menggunakan moisturizer, maka kulit bisa memperbaiki dirinya sendiri dan akan memproduksi kolagen dalam jumlah yang cukup. Wajahmu pun akan kelihatan lebih muda, kencang, dan cerah.

4. Menenangkan kulit sensitif

pexels.com/Kindel Media

Para pemilik kulit sensitif tentu tahu kalau tidak mudah untuk menjaga wajah tetap aman dari iritasi. Tak jarang, saat sedang mencoba skincare baru, wajah menjadi iritasi dan breakout. 

Itulah mengapa kamu perlu menemukan moisturizer yang tepat. Manfaat moisturizer bisa menenangkan kulit yang sensirtif. Namun, pastikan terdapat kandungan bahan yang menenangkan kulit seperti chamomile atau lidah buaya di dalamnya. 

5. Melindungi dari sinar matahari

freepik.com/freepik

Salah satu penyebab kulit menjadi rusak adalah sinar ultraviolet. Itulah mengapa ada sunscreen untuk melindungi dari sinar matahari.

Namun, banyak pelembap yang juga mengandung SPF sehingga bisa melindungi kulit lebih maksimal. Dengan menggabungkan pelembap ber-SPF dan sunscreen, maka akan menjadi tambahan yang bagus untuk rutinitas perawatan kulitmu.  

6. Mengurangi noda

pexels.com/KoolShooters

Pada wajah, tak jarang muncul noda hitam ataupun kemerahan di saat tertentu. Hal itu bisa jadi karena hidrasi yang belum maksimal pada kulit.

Manfaat moisturizer bisa menyembunyian ketidaksempurnaan pada kulit, seperti noda hitam, kemerahan, bahkan bintik hitam. Selain bisa membuat kulit lebih halus dan lembut, warna kulit pun akan lebih merata meski belum menggunakan kosmetik.

Pastikan moisturizer tersebut mengandung tints dan self-tanning agent agar bisa menutupi ketidaksempurnaan pada kulit. 

7. Mempercepat pergantian sel

freepik.com/kroshka__nastya

Terakhir, moisturizer bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sel dan membuat pergantian sel menjadi lebih cepat. Kulit kita memang terus menerus memproduksi sel kulit baru di dalam dermis yang menggantikan sel yang sudah tua dan tidak berfungsi. 

Seiring dengan pertambahan usia, maka proses regenerasi kulit itu melambat. Nah, supaya pergantian sel menjadi lebih cepat salah satu caranya adalah dengan mengoleskan pelembap yang kaya nutrisi. 

Itulah beragam manfaat moisturizer yang perlu kamu tahu agar lebih konsisten memakainya. Sekarang, jangan lewatkan skincare satu ini lagi, ya!

IDN Media Channels

Latest from Skin