Menggunakan skincare atau perawatan kulit merupakan hal yang penting bagi perempuan maupun laki-laki. Selain menjaga kulit agar tetap bersih, skincare juga baik untuk mencegah keriput dan penuaan.

Mengelola produk skincare terkadang bisa merepotkan, terutama dalam hal penyimpanan. Pasalnya, ada beberapa produk skincare yang perlu disimpan dengan lebih cermat untuk menjaga kualitas kandungannya agar tidak rusak.

Tak heran, jika beberapa tahun terakhir ini muncul inovasi baru yang ngetren di kalangan beauty enthusiast, yaitu beauty fridge atau kulkas mini skincare. Meskipun sangat menggiurkan, apakah hal tersebut penting untuk dimiliki?

Sebelum menyimpan produk skincare, perhatikan suhu ruangan

Apakah Kulkas Skincare Patut Untuk Dibeli? Begini Penjelasan Ahli!pinterest.com/@vush_official

Hadley King, M.D., seorang ahli dermatologi di Weill Medical College of Cornell University mengatakan bahwa sebagian besar produk skincare tidak perlu didinginkan. Menurutnya, yang terpenting adalah memastikan produk skincare disimpan di tempat yang sejuk.

"Suhu yang ideal dapat mempertahankan tekstur dan konsistensi produk. Sehingga mengurangi risiko pertumbuhan bakteri, jamur, dan mengurangi risiko percepatan penonaktifan bahan aktif serta pengawet," jelas Dr. King.

Boleh nggak sih menyimpan produk skincare di kulkas biasa?

Apakah Kulkas Skincare Patut Untuk Dibeli? Begini Penjelasan Ahli!bebeautiful.in

Jika kamu nggak keberatan berjalan ke dapur ketika ingin melakukan aktivitas skincare, mungkin kulkas biasa dapat menjadi solusi yang tepat. Namun pastikan dulu, apakah kondisi kulkas tersebut berfungsi dengan baik. Ada baiknya kamu menyimpan produk skincare di area kulkas yang nggak mudah terkena tetesan minuman atau makanan.

Selama kulkas dibersihkan dengan benar dan produk skincare secara fisik terpisah dari makanan, kegunaan kulkas biasa akan sama seperti beauty fridge. Selain itu, ingatlah untuk tetap menyimpan pada suhu antara 35-38°F. Karena, suhu di atas itu bisa memengaruhi konsistensi beberapa produk, membuatnya lebih kental dan lebih sulit untuk disebarkan.

Manfaat serta hal yang perlu diperhatikan ketika menyimpan produk skincare ke lemari pendingin

Apakah Kulkas Skincare Patut Untuk Dibeli? Begini Penjelasan Ahli!pinterest.com

Nggak semua produk skincare bisa disimpan dalam suhu yang dingin. Umumnya, produk skincare yang dianjurkan untuk disimpan dalam lemari pendingin adalah pelembap,  serum, eye cream dan sheet mask. Suhu dingin pada produk skincare membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga mengurangi bengkak dan kemerahan.

“Efek pendinginan pada kulit dapat membantu bahan aktif untuk menghidrasi, menenangkan dan mencerahkan kulit,” ucap Dr. King.

Selain itu, Dr Hadley King juga menyarankan untuk menyimpan produk skincare yang mengandung vitamin C dan vitamin A (retinol) ke dalam pendingin. Hal tersebut berguna untuk menghindari oksidasi dari paparan sinar matahari.

Jadi, semua tergantung pada kebutuhan. Jika kulkas skincare dirasa penting, maka belilah. Tapi, jangan lupa untuk perhitungkan budget yang akan kamu keluarkan, ya.