Semua perempuan tentu ingin memiliki kulit kencang dan wajah yang tampak lebih muda. Berbagai cara akan dilakukan mulai dari memperhatikan makanan, olahraga teratur, hingga menggunakan produk make up dengan kandungan anti aging. Seperti tagline yang dijanjikannya, produk-produk ini dianggap dapat melawan penuaan yang dialami oleh tubuh. Sebelum percaya begitu saja, benarkah kekuatan ajaib ini dapat benar-benar terjadi?

Benarkah Produk Anti Aging Dapat Melawan Penuaan? Ini Jawabannya!allure.com

Sayang, jawabannya ternyata tidak. Menurut penelitian di Amerika, nyatanya penuaan tidak dapat dihentikan oleh produk kecantikan apapun. Kulit tetap akan kehilangan elastisitasnya seiring dengan umur yang terus bertambah. Wajar bila muncul keriput dan kerutan halus pada wajah sejak umur 30-an. Meski begitu, penuaan nyatanya juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti gaya hidup, kurangnya cairan tubuh, hingga paparan debu dan sinar matahari setiap hari.

Benarkah Produk Anti Aging Dapat Melawan Penuaan? Ini Jawabannya!barelythebeauty.com

Pada umumnya, produk anti aging memiliki kandungan partikel nano seperti retinol, vitamin, asam hilauronat, dan niacimanide yang dianggap dapat mengembalikan produk kolagen alami. Meski benar-benar terjadi, nyatanya zat ini hanya mampu menembus lapisan kulit luar hingga dapat menyamarkan kerutan halus pada permukaan kulit. Bukan menghilangkan apalagi menghentikannya. 

Benarkah Produk Anti Aging Dapat Melawan Penuaan? Ini Jawabannya!intothegloss.com

Jangan langsung kecewa, sebenarnya kamu bisa menjaga kulit untuk tetap sehat dan nggak mempercepat proses penuaan. Hentikan kebiasaan merokok, perbanyak minum air putih, dan menggunakan krim tabir surya cukup untuk melindungi kulit kamu dari bahaya luar. Daripada sibuk mencari cara untuk melawannya, kenapa tidak fokus untuk melindunginya?

Baca Juga: Biar Awet Muda, Yuk Coba Cegah Keriput dengan Cara Ini!