Rok mini atau baju tanpa lengan memang menjadi pakaian favorit yang dapat membuat kamu terlihat seksi tanpa berlebihan. Bagian kaki dan ketiak yang terpampang, tentu harus terlihat mulus tanpa banyak bulu yang menutupi. Sebelum memamerkannya, kamu tentu sudah bercukur dan membersihkannya. Namun, apakah kamu sudah benar melakukannya? Hati-hati bela, kesalahan ini sering terjadi dan dapat membuat kulit menjadi iritasi

1. Mencukur area kotor

Hindari Kesalahan Ini saat Bercukur Demi Kesehatanmuwww.swimwearworld.com
 

Membersihkan daerah yang akan dicukur tentu menjadi hal wajib harus dilakukan. Debu dan kotoran yang menempel pada kulit dapat meninggalkan noda yang membuat kulit menjadi tidak mulus. Sebaiknya, gunakan air hangat dan bersihkan area ketiak dan kaki untuk memudahkan pisau cukur kamu bekerja.

2. Menggunakan cukuran pria

Hindari Kesalahan Ini saat Bercukur Demi Kesehatanmudefymedia.com
 

Meskipun memiliki fungsi yang sama, alat cukur pria tentu nggak bisa digunakan olehmu Bela. Desain alat yang khusus dibuat sesuai dengan kontur wajah pria, justru akan melukai kulitmu saat menggunakannya. Mulai sekarang, pisahkan alat kecantikanmu dengan miliknya ya.

3. Melupakan penggunaan krim

Hindari Kesalahan Ini saat Bercukur Demi Kesehatanmuwww.fitforfun.de
 

Penggunaan krim pada area kulit dapat melemaskan area rambut sehingga mudah untuk dicukur. Saat melewati rutinitas ini, kulit justru akan mudah terluka dan menjadi iritasi. Luka akibat kesalahan mencukur bahkan dapat meninggalkan noda kehitaman pada area kulit yang dicukur. Pilihlah krim dengan kandungan pelembap alami dan vitamin E agar kulit tetap lembap dan lembut.

4. Menekan terlalu kuat

Hindari Kesalahan Ini saat Bercukur Demi Kesehatanmuwww.rd.com
 

Saat bercukur, kamu mungkin saja berpikir bahwa semakin kuat menekan maka akar rambut akan semakin dekat untuk tercukur. Padahal, mencukur dengan penuh tekanan dapat membuat kulit terluka dan berdarah. Sebaiknya, perlakukan kulit dengan lembut dan cukur rambut searah dengan tumbuhnya rambut agar kulit untuk mempercepat waktu bercukur.

5. Meninggalkan alat cukur di kamar mandi

Hindari Kesalahan Ini saat Bercukur Demi KesehatanmuAliexpress.com
 

Tempat lembap terlebih kamar mandi, bukan menjadi tempat yang tepat untuk menyimpan peralatan pisau cukurmu. Paparan air dan uap disekitarnya dapat membuat pisau cukur menjadi cepat tumpul. Hal ini justru dapat melukai kulit kamu saat menggunakannya. Sebaiknya, simpan peralatanmu di tempat kering untuk mencegahnya tumpul atau bahkan berkarat.

6. Nggak mengganti pisau cukur

Hindari Kesalahan Ini saat Bercukur Demi Kesehatanmualiexpress.com
 

Setelah digunakan, ada baiknya kamu mengganti pisau cukur dengan yang baru. Sayangnya, banyak orang yang malas untuk menyimpan pisau cadangan dan baru menggantinya setelah tumpul. Padahal kebiasaan ini justru dapat melukai kulit dan membuatnya iritasi Bela. Selain itu, kebiasaan tidak mengganti pisau cukur bisa membuat besi karatan dan dapat memicu penyakit yang lebih berbahaya. Yakin masih mau malas?

BACA JUGA: Tanpa Disadari Ini 5 Kesalahan Makeup yang Sering Dilakukan