Riasan bibir memang kerap kali dipercaya mampu menyempurnakan penampilan makeup menjadi lebih kelihatan fresh dan berwarna. Maka hal tersebut membuat lipstik menjadi produk kosmetik yang dibutuhkan oleh hampir setiap perempuan. Sebelum hendak membeli lipstik, memperhatikan kemasan, shades warna, dan formula memang merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. 

Namun selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan teknik pengaplikasian lipstik yang baik dan benar karena akan sangat berpengaruh pada hasil akhir riasan bibir. Buat kamu para pemula yang masih kebingungan dalam menemukan teknik yang benar, sebaiknya simak artikel yang satu ini karena Popbela akan memberikan beberapa tips menggunakan lipstik yang bisa kamu praktikkan langsung.

1. Lakukan eksfoliasi pada kulit bibir terlebih dahulu

Sebagai langkah awal yang dapat kamu lakukan untuk bisa menyempurnakan tips menggunakan lipstik yang benar ialah dengan memperhatikan kulit bibir terlebih dahulu. Hasil pengaplikasian lipstik menjadi kurang sempurna jika sel kulit mati pada bibir tidak dieksfoliasi. Maka, gunakanlah lip scrub untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit bibir menjadi halus.

2. Jangan lupa untuk melembapkan bibir dengan menggunakan lip balm

Setelah melakukan eksfoliasi pada kulit bibir, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan ialah melembapkan kulit bibir dengan menggunakan lip balm. Hal tersebut akan memudahkanmu pada saat mengaplikasikan lipstik. Tentu saja setelah kulit bibir siap, mari lanjutkan tips menggunakan lipstik yang benar untuk bisa kamu lakukan.

Nggak Boleh Asal, Ikuti 7 Tips Menggunakan Lipstik yang BenarBustle.com

3. Pilih warna lipstik yang cocok dengan warna kulitmu

Pemilihan warna lipstik yang pas dengan warna kulitmujuga termasuk ke dalam salah satu tips menggunakan lipstik yang benar dan tak dapat terlewati. Jika warna kulitmu cenderung warm undertone, pilihlah warna-warna lipstik yang hangat, jika warna kulitmu pink undertone, sebaiknya pilih warna lipstik yang cerah. 

4. Perhatikan formula lipstik yang hendak kamu gunakan

Tips menggunakan lipstik yang benar selain memilih warna lipstik yang sesuai, jangan lupakan juga dengan formulanya. Sesuaikan formula lipstik yang kamu gunakan dengan hasil akhir yang kamu inginkan. 

Pilih lipstik dengan hasil akhir matte jika kamu ingin tampilan lipstik lebih tahan lama, sedangkan untuk kamu yang ingin tampil segar dan natural, gunakan lipstik dengan formula glossy atau satin.

Nggak Boleh Asal, Ikuti 7 Tips Menggunakan Lipstik yang Benarbrijohnson.com

5. Aplikasikan dengan kuas lipstik

Salah satu tips menggunakan lipstik yang benar dan wajib kamu lakukan ialah dengan memanfaatkan kuas kecil khusus lipstik pada saat mengaplikasikan produk lipstik pada bibirmu. Kuas lipstik dapat menciptakan hasil riasan pada bibirmu menjadi sempurna tanpa takut berantakan. Lakukanlah secara perlahan ya, Bela!

6. Jika ingin terlihat natural, tap tap dengan jari

Selain menggunakan kuas lipstik, tips menggunakan lipstik yang benar selanjutnya ialah tap tap produk lipstk dengan menggunakan jari pada bibirmu jika hasil riasan yang kamu inginkan sangat natural atau lebih terlihat membaur dengan cantik.

Nggak Boleh Asal, Ikuti 7 Tips Menggunakan Lipstik yang BenarByrdie.com

7. Sempurnakan bentuk bibir dengan menggunakan lip liner

Beda cerita jika hasil riasan bibir yang kamu inginkan terlihat lebih nyata dan bold, maka tips menggunakan lipstik yang benar untuk bisa kamu lakukan ialah dengan menambahkan lip liner pada garis bibir yang ingin dibentuk. Jangan lupa juga untuk mencari warna lip liner yang sesuai dengan warna lipstik yang kamu gunakan.

Nah, itu dia beberapa tips menggunakan lipstik yang benar versi Popbela. Ternyata, saat mengaplikasikan lipstik tak boleh sembarang dan harus lebih teliti jika ingin hasilnya terlihat sempurna. Selamat mencoba ya, Bela!

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pakai, Cari Tahu Ciri-ciri Lipstik yang Berbahaya