Penggunaan makeup bagi perempuan menjadi salah satu hal yang cukup penting. Nggak hanya mampu menutupi ketidaksempurnaan pada wajah, namun penggunaan makeup juga dapat membuat tampilan seseorang terlihat lebih maksimal dan mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Tentunya, semua perempuan ingin tampilan makeup-nya tahan lama agar dapat memesona seharian. 

Namun, tak semua orang dapat mempertahankan riasannya dalam jangka waktu yang cukup lama, salah satunya bagi seseorang dengan tipe kulit berminyak. Jenis kulit yang satu ini memang dapat membuat makeup menjadi cepat luntur atau cakey. Tetapi, tak perlu khawatir, karena tentu saja ada tips makeup untuk kulit berminyak yang dapat menjadi rahasia agar hasil makeup-mu tahan seharian. Yuk ikuti terus ya!

1. Pilih skincare yang berbahan dasar air

Biar Tahan Lama, Ikuti 7 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak IniShiseido.com

Sebelum masuk ke tips makeup untuk kulit berminyak, penggunaan skincare merupakan langkah pertama yang wajib untuk kamu lakukan. Buat kamu yang memiliki tipe kulit yang berminyak, pilihlah rangkaian produk skincare yang berbahan dasar air, non-comedogenic, dan dapat bekerja untuk menutrisi kulit berminyak. 

2. Aplikasikan primer yang dapat mengontrol minyak

Biar Tahan Lama, Ikuti 7 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Inibeautyscene.net

Setelah menggunakan rangkaian skincare, aplikasikan pelindung kulit atau yang biasa disebut primer sebagai salah satu tips makeup untuk kulit berminyak. Tentu saja kamu pun harus memperhatikan jenis primer yang hendak kamu gunakan. Pilih primer yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih atau jenis primer yang dapat menyamarkan pori-pori wajah. Penggunaan primer yang tepat dapat membuat riasanmu menjadi lebih tahan lama sekaligus flawless.

3. Pilih foundation matte

Biar Tahan Lama, Ikuti 7 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Inikszphotos.com

Salah satu tips makeup untuk kulit berminyak yang juga wajib untuk kamu perhatikan tentu bagian complexion. Seseorang dengan tipe kulit berminyak, sebaiknya memilih foundation dengan hasil akhir yang matte sehingga riasan tidak tampak mengkilap. Selain itu, pastikan juga foundation yang kamu pilih tidak mengandung oil dan bersifat non-comedogenic agar tak menyebabkan timbulnya jerawat. Hindari penggunaan bb atau cc cream yang dikhususkan untuk kulit kering.

4. Aplikasikan teknik baking dengan translucent powder

Biar Tahan Lama, Ikuti 7 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak IniPinterest.com

Setelah sudah meratakan foundation, tips makeup untuk kulit berminyak selanjutnya ialah dengan mengaplikasikan bedak untuk menyempurnakan bagian complexion-mu. Jenis bedak yang tepat untuk kulit berminyak ialah bedak tabur atau translucent powder dengan teknik baking agar bagian complexion-mu tahan lama.

5. Hindari penggunaan produk yang berbahan dasar liquid

Biar Tahan Lama, Ikuti 7 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Inijamienelsonphoto.blogspot.com

Dalam memilih produk blush on, eyeshadow, kontur, dan highlighter, penting banget untuk mengetahui tips makeup untuk kulit berminyak yang satu ini. Pilihlah produk makeup pelengkap tersebut yang berbahan dasar powder untuk meningkatkan ketahanan makeup karena produk makeup berbahan dasar liquid dapat membuat tampilan wajah tampak berminyak.

6. Pilih produk makeup yang teruji tahan lama

Biar Tahan Lama, Ikuti 7 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak IniMakeup.com

Memilih produk makeup yang memiliki label ketahanan lama merupakan salah satu tips makeup untuk kulit berminyak yang juga dapat kamu lakukan. Sekarang, kamu pun sudah bisa mendapatkan ragam produk makeup yang memiliki label ketahanan lama ini di berbagai toko kosmetik.

7. Gunakan setting spray

Biar Tahan Lama, Ikuti 7 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Initotalbeauty.com

Sebagai tips makeup untuk kulit berminyak pada tahap akhir, jangan lupa untuk menyemprotkan setting spray yang memiliki fungsi sebagai topcoat untuk makeup ini dapat mempertahankan tampilan makeup-mu menjadi lebih tahan lama.

Nah, jadi buat kamu seseorang dengan tipe kulit yang berminyak dan selalu bermasalah dengan riasan wajah yang mudah luntur, tentu saja kamu pun dapat mengikuti beberapa tips makeup untuk kulit berminyak yang sudah Popbela bagikan ini. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 7 Tips Memilih Makeup untuk Kulit Berjerawat