Foundation memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan hasil makeup yang mulus dan sempurna. Foundation juga dikenal sebagai alas bedak yang digunakan untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajah sekaligus meratakan warna kulit. Produk makeup yang satu ini juga tersedia dalam berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit setiap perempuan. 

Namun, pada umumnya orang-orang hanya mengenal foundation dalam bentuk cair atau padat saja, padahal sebenarnya foundation memiliki banyak jenis lho! Pasti kamu penasaran kan, kira-kira jenisnya seperti apa saja ya? Buat kamu yang sangat penasaran, ikuti terus artikelnya!

1. Foundation cair

Yuk, Kenali 7 Jenis Foundation Ini!allure.com

Jenis foundation yang satu ini pasti sudah tak asing yaitu foundation berbentuk cair yang biasa dikemas dalam botol. Foundation cair memiliki hasil akhir yang cukup beragam, dari mulai matte, dewy, hingga satin dan butuh sponge atau brush untuk pengaplikasiannya.

2. Mousse foundation

Yuk, Kenali 7 Jenis Foundation Ini!beautyheaven.com.au

Dikenal sebagai foundation dengan tingat coverage yang tinggi, jenis foundation yang satu ini biasa diaplikasikan menggunakan sponge dan sering digunakan untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajah yang susah disamarkan. 

Meski kelihatannya ampuh untuk menutupi ketidaksempurnaan wajah, jenis foundation yang satu ini dapat menyumbat pori-pori sehingga tak disarankan untuk digunakan oleh kulit yang rentan berjerawat.

3. Cushion foundation

Yuk, Kenali 7 Jenis Foundation Ini!getthegloss.com

Menjadi favorit banyak orang, jenis foundation yang satu ini memang sangat praktis untuk digunakan. Dilengkapi dengan sponge khusus dan kemasannya tersendiri, cushion memang cocok untuk menjadi makeup item yang dapat dibawa berpergian.

4. Stick foundation

Yuk, Kenali 7 Jenis Foundation Ini!allure.com

Tak kalah dengan mousse foundation, jenis foundation yang satu ini juga memiliki tingkat coverage yang cukup tinggi. Bentuk stik yang memudahkan untuk pengaplikasian pada wajah membuatmu tak membuang banyak waktu. Untuk meratakannya kamu cukup gunakan sponge atau brush.

5. Powder foundation

Yuk, Kenali 7 Jenis Foundation Ini!influenster.com

Meski keberadaannya jarang diketahui, foundation berbentuk bubuk memang dapat menjadi andalan dalam menghasilkan makeup natural sekaligus menjaga kulit agar tetap sehat. Jenis foundation yang satu ini cocok bila digunakan untuk sehari-hari juga lho!

6. Compact foundation

Yuk, Kenali 7 Jenis Foundation Ini!harpersbazaar.com

Biar memudahkanmu dalam meminimalisir produk makeup, jenis foundation yang satu ini dapat menjadi solusinya. Compact foundation merupakan perpaduan foundation dengan bedak yang menghasilkan hasil akhir yang flawless.

7. Air brush foundation

Yuk, Kenali 7 Jenis Foundation Ini!quora.com

Sempat menjadi viral dan masih sering digunakan di kalangan makeup artist yang profesional, air brush foundation dapat membuat tampilan makeup sangat sempurna. Walau cukup mahal, namun jenis foundation yang satu ini memang sudah teruji sangat bagus.

Itulah 7 jenis foundation yang sungguh menarik hati para beauty enthusiast dalam merias wajah. Setiap foundation memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri dan disesuaikan oleh jenis kulit yang berbeda. Kalau kamu, pilih foundation jenis yang mana?

Baca Juga: Bebas Kilap Seharian, Ini Foundation yang Bagus untuk Kulit Berminyak