Di era yang modern dengan kemajuan teknologi, semua hal seolah dapat dilakukan termasuk mendapatkan bentuk tubuh serta wajah yang sesuai dengan keinginan. Dalam dunia kecantikan, terdapat beberapa metode yang ditawarkan untuk mempercantik diri, namun tak ada metode yang lebih populer dibandingkan dengan operasi plastik. 

Siapapun pasti tahu dengan metode yang satu ini, dipopulerkan oleh negara Korea yang terkenal akan operasi plastiknya. Metode kecantikan ini merupakan cara instan yang sampai detik hari ini masih sangat digemari karena hasilnya yang permanen. Namun, disamping penawaran yang menarik ini, ternyata terdapat beberapa efek samping operasi plastik yang juga wajib kamu ketahui agar tak sembarangan mencoba metode ini. Buat kamu yang penasaran, keep scrolling!

1. Kehilangan banyak darah

Tak dapat dipungkiri, efek samping operasi plastik yang pertama kali dapat terjadi ialah kehilangan banyak darah. Proses operasi plastik pasti menggunakan sayatan yang tentunya menghabiskan banyak darah dan tentu saja dapat menurunkan tekanan darah yang jika tak ditangani segera bisa berakibat cukup fatal.

2. Terjadinya infeksi

Selain kekurangan banyak darah, efek samping operasi plastik yang paling umum kerap terjadi pada hampir seluruh pasien yang melakukan operasi plastik yaitu terjadinya infeksi pada bagian yang dioperasi. Maka dari itu, pasien sangat membutuhkan peran antibiotik agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Nggak Boleh Asal, Kenali Juga Efek Samping Operasi PlastikPinterest.com

3. Menimbulkan memar

Biasanya, terjadinya infeksi disertai oleh efek samping operasi plastik yang satu ini. Yup, jangan heran jika muncul memar pada bagian wajah atau tubuh yang dioperasi. Memar biasanya berwarna ungu kebiruan dengan rasa ngilu yang cukup mengganggu. Biasanya dokter akan memberikan obat khusus untuk mengurangi memar.

4. Menyebabkan bekas luka

Efek samping operasi plastik selanjutnya ialah adanya kehadiran luka pada bagian yang dioperasi. Luka yang timbul biasanya bisa jenis luka biasa yang kehitaman atau keloid yang bertekstur. Biasanya luka terjadi pada beberapa orang yang memiliki keturunan kulit yang sensitif.

Nggak Boleh Asal, Kenali Juga Efek Samping Operasi PlastikPinterest.com

5. Kerusakan saraf

Kerusakan saraf pun juga disebut sebagai salah satu efek samping operasi plastik yang menimbulkan area tubuh atau wajah menjadi kehilangan rasa atau merasakan rasa kebas. Jika terjadi hal tersebut, tentu wajib melaporkan pada dokter bedah yang menangani operasi ya!

6. Komplikasi anetesi

Saat melakukan operasi plastik, tentu saja anestesi pun sangat diperlukan untuk menghilangkan kesadaran pasien. Namun, anestesi dapat menimbulkan efek samping operasi plastik juga seperti infeksi paru-paru, stroke, juga kematian.

Nggak Boleh Asal, Kenali Juga Efek Samping Operasi PlastikPinterest.com

7. Kegagalan dalam operasi

Terakhir, inilah efek samping operasi plastik yang paling dihindari oleh sejuta umat yang ingin melakukan operasi plastik. Adanya kemungkinan terjadi kegagalan saat menjalankan prosedur sulit untuk diatasi. Untuk itu, pilihlah dokter yang berpengalaman pada bidang yang satu ini agar terhindar dari berbagai hal yang tak diinginkan.

Jadi, itu dia beberapa efek samping operasi plastik yang pastinya bikin kamu mikir dua kali untuk mencobanya bukan?

Baca Juga: Biar Nggak Keliru, Kenali Perbedaan Filler dan Botox