Buat kamu para beauty enthusiast, pasti sudah nggak asing dengan produk makeup yang satu ini bukan? Yup, concealer adalah produk kecantikan yang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah dan menyamaratakan warna kulit seseorang terlihat lebih rata. 

Concealer cukup penting untuk merias wajah, karena dapat mencerahkan wajah yang lelah, menutupi noda hitam karena matahari, noda jerawat, sampai menyamarkan lingkaran di bawah mata.

Namun, nggak semua perempuan benar-benar tahu fungsi dan cara memakai concealer. Masih banyak yang bingung dengang produk makeup yang satu ini. Untuk itu, Popbela akan memberikan informasi tentang arti, jenis, fungsi dan cara memakai concealer yang wajib kamu tahu. Yuk, ikuti terus artikel yang satu ini ya!

Fungsi concealer

Inilah Fungsi dan Cara Memakai Concealerself.com

Concealer adalah produk makeup yang memiliki tekstur mirip seperti foundation tetapi sedikit lebih tebal. Concealer diciptakan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada kulit wajah seperti lingkar hitam di bawah mata, jerawat dan bekasnya juga dapat meratakan warna kulit. Selain beberapa fungsi yang umum diketahui banyak orang, concealer juga memiliki fungsi lainnya seperti dapat merapikan riasan mata agar tampak lebih sempurna juga sebagai contouring.

Jenis concealer

Inilah Fungsi dan Cara Memakai Concealerinstyle.com

Umumnya, concealer memiliki dua jenis varian yaitu concealer dengan tekstur cair dan concealer dengan tekstur padat atau cream. Kedua jenis concealer tersebut dihadirkan sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Keduanya pun nggak hanya memiliki perbedaan dalam hal tekstur, tetapi juga memiliki hasil akhir yang berbeda. Produk yang tersedia pun dikemas dengan banyak pilihan, ada yang dikemas seperti bentuk lipcream, ada yang dikemas berbentuk tube dan ada juga yang dikemas dalam jar mungil. 

Cara memakai concealer

Inilah Fungsi dan Cara Memakai Concealerrealsimple.com

Hal lainnya yang wajib untuk kamu ketahui mengenai concealer adalah cara penggunaannya. Tersedia dalam berbagai cara pengaplikasian, kamu dapat memilih cara yang sesuai dengan seleramu. Dalam pengaplikasian concealer, kamu bisa menggunakan jari tanganmu, beauty blender, dan concealer brush. Cara pemakaian untuk setiap concern pun memiliki trik yang berbeda seperti di bawah ini:

  • Menyamarkan lingkar hitam di bawah mata
    Pilih concealer dengan tekstur cair agar terhindar dari crease di bawah mata. Cukup aplikasikan tiga titik kecil pada bawah matamu, kemudian baurkan menggunakan beauty blender hingga merata.
  • Menyamarkan bekas jerawat
    Kalau untuk menyamarkan bekas jerawat, sebaiknya pilih concealer dengan tekstur padat. Aplikasikan menggunakan jari tanganmu secara perlahan pada jerawat dan bekasnya. Gunakan concealer sebelum foundation ya Bela.
  • Meratakan warna kulit
    Biasanya warna kulit wajah bagian sisi lebih gelap dibandingkan warna kulit wajah bagian depan. Gunakan concealer berbentuk cair pada bagian sisimu dan kemudian blend menggunakan beauty blender hingga warna menyatu dengan kulit wajah.
  • Merapikan riasan mata
    Untuk riasan mata, concealer biasanya digunakan untuk merapikan eyeliner yang berantakan dan merapikan bentuk alis agar tampak lebih on point. Biasanya untuk merapikan riasan mata, gunakan concealer brush agar lebih mudah.

Nah, itulah arti, jenis, fungsi dan cara memakai concealer yang wajib kamu ketahui. Ternyata, walaupun bentuknya mungil, concealer memiliki beragam manfaat yang dapat menyempurnakan tampilan makeup-mu. Semoga artikelnya bermanfaat ya Bela!

Baca Juga: 7 Fungsi Lain dari Concealer yang Perlu Kamu Tahu