Bagi perempuan, memilih makeup sama sulitnya memilih paduan busana. Butuh ketelitian dan kecocokan. Mengingat warna kulit kita sangatlah beragam. Oleh karena itu, membeli foundation dengan shade yang tepat seringkali tidak mudah.

Jika warna foundation tidak cocok dengan kulit, ditambah alas bedak yang terlalu terang, pastinya akan membuat wajah kita tampak abu-abu.

Namun kamu tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa tips mudah mengatasi foundation oksidasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi wajah abu-abu.

1. Campurkan dengan foundation berwarna lebih gelap

5 Tips Mudah Mengatasi Foundation yang OksidasiHudabeauty.com

Cara terbaik untuk menetralkan warna foundation yang terlalu terang tentu saja dengan mencampurnya dengan yang berwarna lebih gelap. Percampuran warna foundation ini dapat menghasilkan warna yang netral dan sesuai dengan warna kulit.

Untuk membuat campuran yang sempurna, kamu juga bisa mencoba untuk mencampurkan dua foundation dengan tektur yang berbeda. Sehingga tidak hanya warna yang sesuai, namun teksturnya juga pas untuk digunakan.

Kamu bisa mencampurkannya terlebih dahulu di atas palet, atau langsung tap-tap dua warna foundation ke wajah, sebelum diratakan dengan sponge atau kuas.

2. Gunakan bedak berwarna lebih gelap

5 Tips Mudah Mengatasi Foundation yang OksidasiFreepik.com

Jika tidak memiliki foundation lainnya, cukup menimpa foundation yang terlalu terang dengan bedak atau setting powder yang berwarna lebih gelap dari warna kulitmu. Warna gelap dari bedak akan membuat warna abu-abu tertutupi sehingga akan memunculkan warna bedak yang digunakan.

Dengan begitu, kulit wajahmu akan tampak lebih netral. Tapi kamu juga harus hati-hati, jangan sampai menggunakan bedak terlalu tebal ya!

3. Aplikasikan concealer untuk menyeimbangkan warna

5 Tips Mudah Mengatasi Foundation yang OksidasiFreepik.com

Selain berfungsi untuk menutupi jerawat, noda hitam, dan mata panda. Concealer juga bisa menjadi penyelamat untuk menetralkan kulit wajah yang abu-abu karena penggunaan foundation yang salah.

Kamu hanya perlu membalurkan concealer yang warnanya lebih gelap secara tipis-tipis. Aplikasikan pada bagian luar dahi, pipi, dan garis hidung. Tak hanya menghilangkan wajah abu-abu, cara ini juga bisa menghemat waktu kamu saat shading wajah.

4. Ciptakan dimensi wajah dengan bronzer

5 Tips Mudah Mengatasi Foundation yang OksidasiFreepik.com

Bronzer biasanya digunakan untuk menambah dimensi pada wajah. Namun ternyata kamu juga dapat mengaplikasikan bronzer untuk menutupi wajah abu-abu. Pakailah bronzer secara tipis di seluruh area wajah sampai membuat warna kulit wajah terlihat netral kembali.

Hindari penggunaan bronzer terlalu banyak, karena akan membuat wajah tampak lebih gelap.

5. Jangan lupakan shading dan highlighter

5 Tips Mudah Mengatasi Foundation yang OksidasiFreepik.com

Jika kamu takut kulit wajah berubah menjadi terlalu gelap karena penggunaan bronzer, tak perlu khawatir. Gunakanlah bronzer untuk shading dan aplikasikan juga highlighter pada area tertentu untuk memberikan efek kulit yang lebih bercahaya.

Penggunaan shading dan highlighter juga dapat menutupi bagian wajah yang abu-abu tanpa perlu menutupinya lagi.

Kini tidak perlu khawatir lagi bila wajah menjadi abu-abu karena penggunaan foundation yang salah.

Namun tidak ada salahnya jika harus lebih teliti lagi dalam membeli foundation agar sesuai dengan warna kulit wajah.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Foundation Lokal yang Cocok untuk Remaja, Wajib Coba!

Baca Juga: 7 Jenis Foundation Wardah untuk Berbagai Jenis Kulit

Baca Juga: 7 Rekomendasi Stick Foundation yang Bikin Kulit Mulus dan Tetap Lembap