Memutuskan untuk menjadi entrepreneur bukanlah hal yang mudah. Inilah yang turut diakui oleh model, aktris, presenter ternama Cathy Sharon. Melalui talk show di BeautyFest Asia 2020, Jumat (6/11) secara virtual. Di momen spesial kali ini, Cathy ingin membagikan rahasianya dalam menjalankan bisnis produk kecantikan SADA.  

Dibutuhkan kerja keras dan pemikiran yang sangat matang untuk bisa menjalankan bisnis makeup di tengah pandemi. Namun, berbekal keyakinan dan keberanian, Cathy mampu bertahan. Penasaran dengan apa yang dilakukan Cathy Sharon untuk bisa sukses dalam berbisnis? Berikut ini 5 tips menjalankan bisnis a la Cathy Sharon. 

1. Pilihlah bisnis yang paling kamu sukai

5 Tips Menjalankan Bisnis Saat Pandemi, A la Cathy SharonInstagram/cathysharon

Pertama cari tahu terlebih dahulu, apa yang paling kamu sukai dan paling dikuasai. Cathy mengaku sangat menyukai dunia kosmetik, makanya ia bersikukuh untuk menjalani bisnis tersebut.  

"Bisa dibilang saya ini beauty junkie, saya suka sekali mengoleksi banyak makeup dan mencoba berbagai macam produk makeup terbaru," katanya.  

Semenjak saat itu, Cathy mulai mendalami informasi seputar pembuatan makeup, pemilihan bahan sampai bagaimana cara berbisnis kosmetik. Pertemuannya dengan seorang beauty expert Indonesia menambah keinginannya untuk terus belajar dan menggali kemampuan yang dimiliki.  

2. Percaya diri jadi kunci berbisnis

5 Tips Menjalankan Bisnis Saat Pandemi, A la Cathy SharonInstagram/cathysharon

Modal sudah punya, dukungan sudah didapatkan, lalu apalagi yang harus dimiliki seorang pebisnis? percaya diri. Bagi Cathy, kepercayaan diri seorang pebisnis sangat penting. Jangan sampai ketakutan menjadi penghalang untuk bisa meraih kesuksesan.  

Merasa insecure di awal bisnis itu wajar. Semua orang juga mengalami hal itu, termasuk Cathy. Meyakini dirimu sendiri dan percaya dengan segala yang kamu miliki adalah senjata untuk memulainya.  

"Mulailah untuk berpikiran positif. Karena hal itu berefek pada mood dan cara kita memandang sesuatu. Latihlah dari hari ke hari. Nggak perlu khawatir meski sedang pandemi. Be positive to yourself." 

3. Beradaptasi dengan situasi

5 Tips Menjalankan Bisnis Saat Pandemi, A la Cathy SharonInstagram/cathysharon

"Saat pandemi ini terjadi jujur saya sempat khawatir. Namun, kita harus tetap bangkit dengan cara mencari tahu apa yang sedang terjadi pada industri kecantikan di masa pandemi. Intinya kita harus cerdas dalam beradaptasi apabila ingin terus bertahan dalam berbisnis saat ini," ungkapnya.  

Mencari tahu dan mempelajari apa yang dibutuhkan konsumen merupakan suatu upaya Cathy menjalankan bisnis. "Belajar dan bertanya pada seseorang yang lebih dulu terjun di bidang ini bisa jadi bekal untuk menguatkan pondasi dalam berbisnis."  

4. Maju dan mulai saja dulu

5 Tips Menjalankan Bisnis Saat Pandemi, A la Cathy SharonInstagram/cathysharon

"Sekali lagi, takut dan khawatir itu wajar saja saat ingin memulai bisnis. Tapi kamu harus tahu bahwa ada hal yang lebih penting dari semua itu yakni mulai dan maju. Upgrade pengetahuanmu seputar bisnis masa kini, tinggalkan metode kuno karena hal tersebut hanya akan menghalangi langkahmu."  

"Beauty itu tidak stereotype! tidak pernah ada batasan tentang kecantikan. Sebagai pebisnis kamu harus gigih dan yakin kalau kamu bisa. Kamu juga harus memiliki target untuk 1, 5, atau 10 tahun mendatang mengenai usaha ini. Tak pernah ada kata gagal atau rugi dalam memulai usaha. Meski hanya sedikit pergerakannya tidak apa-apa, jalani saja dan konsisten."

5. Kekompakan tim itu penting

5 Tips Menjalankan Bisnis Saat Pandemi, A la Cathy SharonInstagram/cathysharon

Menanamkan kebersamaan dalam menjalankan sebuah bisnis itu penting. Saat memutuskan menjalani SADA, Cathy menekankan untuk tidak merasa untung sendiri. Bersama tim, ia selalu mendiskusikan semua hal yang berkaitan dengan kesuksesan produknya.  

"Saya berusaha untuk menjadikan tim SADA sejahtera dan merasa sukses atas kerja kerasnya. Makanya, saya membuang jauh pikiran untuk mencari keuntungan sendiri," pungkasnya. 

https://www.youtube.com/embed/3NEL_yq9kdg

Baca Juga: Hadirkan Virtual Makeup, BeautyFest Asia 2020 Sarat Teknologi Mutakhir

Baca Juga: Akses Gratis Daftar Talk show & Workshop BeautyFest Asia 2020 Day-2

Baca Juga: Belum Genap Berusia 40 Tahun, Cathy Sharon Sudah Menekuni 4 Bisnis Ini