Mewujudkan pernikahan impian bisa jadi menjadi keinginan setiap perempuan. Mulai dari urusan gedung, dekorasi, busana, adat yang digunakan, hingga makeup di hari bahagia pasti harus dipikirkan secara matang. Nggak sedikit lho, yang memilih gaya tradisional untuk tampil cantik. Mulai dari adat Jawa, Sunda, Bali, Bugis dan lain sebagainya. Seperti apa 7 makeup look  pada prosesi pernikahan? Yuk, langsung simak saja!

1. International wedding

7 Rekomendasi Makeup Pengantin yang Bikin Kamu Jadi Pusat PerhatianInstagram.com/bubahalfian

Bagi kamu yang memilih untuk tidak menggunakan adat pada hari pernikahan, dua look di atas akan menjadi inspirasi makeup look seperti apa yang cocok digunakan untuk international wedding. Berbeda dengan kesan manglingi, untuk pernikahan international ini makeup look akan lebih natural dan simple. Tetapi tetap tidak meninggalkan kesan glamor.

2. Adat Jawa

7 Rekomendasi Makeup Pengantin yang Bikin Kamu Jadi Pusat PerhatianInstagram.com/anpasuha_official

Makeup look untuk pernikahan adat Jawa ini juga banyak sekali variasinya. Salah satu contohnya adalah hasil karya dari Anpa Suhaini. Polesan makeup cenderung lebih tebal dan dramatis tetapi tidak menutupi kecantikan alami pengantin wanita. Makeup look ini sangat cocok untuk digunakan bersama paes. Selain itu pengantin juga menggunakan lipstik yang berwarna merah. Cantik banget ya!

3. Adat Sunda

7 Rekomendasi Makeup Pengantin yang Bikin Kamu Jadi Pusat PerhatianInstagram.com/bennusorumba

Untuk makeup a la adat Sunda, riasan didominasi dengan warna-warna yang soft. Riasan ini juga menonjolkan definisi mata yang lebih tajam dan memilih warna nude sebagai warna pemulas bibir. Beberapa pengantin adat Sunda juga memiliki hiasan daun sirih di tengah-tengah kening mereka. Daun sirih berbentuk wajik ini sendiri merupakan lambang penolak bala.

4. Adat Bali

7 Rekomendasi Makeup Pengantin yang Bikin Kamu Jadi Pusat PerhatianInstagram.com/mahardikamakeupstudio

Dikenal sebagai kota pariwisata, Bali juga memiliki budaya yang beragam. Tak terkecuali dalam prosesi pernikahan. Dalam riasan adat Bali, smokey eyes juga tetap menjadi pilihan. Untuk bagian bawah mata, dipoleskan warna silver yang akan memberikan efek mata lebih besar dan bersinar. Tidak ketinggalan, untuk warna lipstik pun juga menggunakan warna bold yang semakin membuat look tersebut semakin mewah. 

5. Adat Betawi

7 Rekomendasi Makeup Pengantin yang Bikin Kamu Jadi Pusat PerhatianInstagram.com/fitriliza

Tidak jauh berbeda dengan makeup adat sebelumnya, makeup adat Betawi juga menonjolkan riasan mata. Eyeliner yang cukup tebal membuat look ini menjadi dramatis. Untuk melengkapi look mata yang bold tersebut, lipstik berwarnaa deep burgundy dipilih sebagai sentuhan akhir. Tetapi, warna nude juga cocok disandingkan dengan makeup mata yang bold

6. Adat Bugis

7 Rekomendasi Makeup Pengantin yang Bikin Kamu Jadi Pusat PerhatianInstagram.com/bhety_make_up

Dilengkapi dengan aksesori berwarna silver dan gold, makeup look untuk adat Bugis ini juga memiliki ciri khas yang unik banget. Makeup look  terlihat vibran dengan sentuhan warna-warna cerah. Tak ketinggalan, di bagian dahi dihiasi lukisan hitam yang berbentuk seperti siluet bunga yang disebut sebagai dadasa. 

7. Adat Minang

7 Rekomendasi Makeup Pengantin yang Bikin Kamu Jadi Pusat PerhatianInstagram.com/irwanriady

Makeup look untuk pengantin adat Minang ini juga kental akan makeup yang bold dan berani. Memilih smokey eyes sebagai riasan mata dan juga dilengkapi dengan lipstik full lips dan berwarna bold. Untuk blush on pun dipilih juga senada dengan warna lipstik.Yakin deh, look ini sukses deh bikin kamu dipuji oleh para tamu undangan.

Itu dia, 7 makeup look yang sering digunakan ketika prosesi pernikahan di Indonesia. Ini adalah contoh kecil dari keberagaman  Indonesia. Wah, walaupun berbeda-beda, tetapi semua look ini cantik dan unik sekali ya, Bela! Semuanya memiliki karakteristiknya masing-masing.