Berkembangnya industri kecantikan saat ini membuat banyak perempuan menjadi hobi mengoleksi berbagai macam makeup. Setiap bulannya, pasti ada saja produk baru yang muncul dan membuat kita tergoda untuk membelinya. Namun, yang harus diperhatikan bahwa semua makeup memiliki jangka waktu layak pakai atau tanggal kedaluwarsa.

Sering terabaikan, ternyata penting untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa makeup. Karena, jika masa kedaluwarsa sudah berakhir, maka kandungan di dalam kosmetik tersebut berubah menjadi toxic atau beracun, yang akan memberikan dampak untuk kulit. Nah, untuk itu kamu harus paham empat bahaya menggunakan makeup kedaluwarsa berikut ini!

1. Terjadinya iritasi kulit

Nggak Boleh Dianggap Sepele, Ketahui 4 Bahaya Makeup Kedaluwarsalorealparisusa.com

Jika menggunakan primer, foundation, bedak, dan lain sebagainya dalam keadaan lewat tanggal kedaluwarsa, besar kemungkinan kulitmu akan mengalami iritasi. Kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa gatal, kemerahan, kering, hingga terjadinya pengelupasan kulit. Untuk kasus yang cukup berat, pengunaan makeup kadaluarsa bisa memicu terjadinya kanker kulit, lho. Untuk itu, jangan anggap remeh ya, Bela.

2. Munculnya jerawat

Nggak Boleh Dianggap Sepele, Ketahui 4 Bahaya Makeup Kedaluwarsabyrdie.com

Sudah lelah menggunakan berbagai macam skincare, tetapi jerawat masih kerap muncul? Mungkin saatnya kamu cek tanggal kedaluwarsa makeup yang kerap digunakan. Karena, pada umumnya kandungan minyak yang ada di dalam base makeup seperti foundation atau cream blush on akan menggumpal di bagian permukaan.

Jadi, ketika kamu menggunakannya, besar kemungkinan kandungan minyak tersebut yang diaplikasikan ke kulit. Tentu saja, minyak itu berpotensi menyumbat pori-pori, yang dimana menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Nah, pastikan selalu menggunakan makeup yang belum melampaui batas tanggal kedaluwarsa.

3. Menyebabkan pembengkakan bibir

Nggak Boleh Dianggap Sepele, Ketahui 4 Bahaya Makeup Kedaluwarsatoday.com

Kosmetik untuk bibir menjadi salah satu produk makeup yang paling digandrungi. Jadi sudah dipastikan setiap perempuan memiliki lebih dari dua lipstick, lip cream, lip gloss ataupun lipbalm. Karena memiliki kuantitas yang cukup banyak, seringkali kita lupa akan tanggal kedaluwarsa. 

Padahal, jika mengaplikasikan produk kedaluwarsa bisa menyebabkan bibir terasa perih, kasar, pecah-pecah, kering, bahkan sampai pembengkakan. Nggak mau dong hal tersebut terjadi di kamu? Untuk itu, meski suka sekali dengan warnanya, jangan gunakan jika sudah expired.

4. Menimbulkan masalah di area mata

Nggak Boleh Dianggap Sepele, Ketahui 4 Bahaya Makeup Kedaluwarsalorealparisusa.com

Eyeshadow, eyeliner, dan maskara akan menonjolkan keindahan serta kecantikan matamu. Tetapi, jangan gunakan jika sudah kedaluwarsa, terlebih mata merupakan salah satu area tubuh kita yang paling sensitif. Umumnya, makeup yang sudah kadaluarsa akan terjadi penumpukan bakteri, tentu saja jika terkena mata dapat memicu berbagai reaksi.

Seperti mata menjadi merah, berair, terasa gatal maupun perih, hingga timbulnya benjolan di area mata. Parahnya lagi, makeup kadaluarsa bisa berisiko membuat matamu mengalami infeksi mata yang membutuhkan perawatan khusus. Serem banget, ya? Jangan lupa untuk selalu cek masa kadaluarsa makeup kamu, ya. 

So, itu dia empat bahaya makeup kedaluwarsa yang wajib kamu ketahui! Jangan sampai yang tadinya mau tampil menawan, justru timbul masalah karena menggunakan makeup kedaluwarsa! 

Baca Juga: Cek Lagi Keranjang Makeup-mu, Yuk! Jangan Sampai Pakai Produk yang Sudah Expired

Baca Juga: Tren Makeup yang Populer di Tahun 2020, Kamu Ikutan Nggak?

Baca Juga: 7 Istilah Makeup yang Jarang Digunakan dalam Keseharian