Ada beberapa pertimbangan yang kita buat ketika hendak membeli produk kosmetik. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan sudah pasti adalah memilih brand yang terbaik. Ada yang lebih suka memakai brand kosmetik luar negeri karena dinilai lebih eksklusif, berkualitas, dan tentu saja meningkatkan prestige. Namun, itu bukan berarti brand kosmetik lokal tidak layak untuk dipilih.

Perkembangan dunia kosmetik tanah air semakin maju. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya brand kosmetik lokal yang sering dikira brand kosmetik impor alias yang berasal dari luar negeri. Bukan karena kemasannya yang terkesan mewah, kualitas kosmetik lokal ini juga tak kalah dengan brand luar negeri. Selain itu, harga kosmetik dari brand lokal juga tentu lebih ramah di kantong.

Buat kamu yang sedang memilih brand kosmetik terbaik untuk merawat diri, kenalan dulu dengan sejumlah brand kosmetik lokal yang sering dikira berasal dari brand luar negeri ini, yuk!

1. ESQA

Local Pride, 10 Kosmetik Indonesia Ini Sering Dikira Brand Luar Negeriinstagram.com/esqacosmetics

Brand kosmetik yang mengusung konsep vegan cosmetics ini merupakan salah satu brand lokal yang paling diminati. ESQA juga sudah merambah toko kosmetik kelas atas sejenis Sephora. Seperti yang kita tahu, Sephora tak banyak menjual kosmetik dari brand lokal.

ESQA menawarkan produk kosmetik yang sangat ramah terhadap semua jenis kulit. Kamu nggak perlu khawatir saat memakai produk makeup dari merk ini karena dijamin nggak akan merusak kulit.

Packaging produk-produk ESQA juga dibuat mewah dengan nuansa emas. Brand ini menyediakan kebutuhan makeup mulai dari cheek palette, lip crayon, eyeliner, sampai dengan eyebrow pencil.

2. Make Over

Local Pride, 10 Kosmetik Indonesia Ini Sering Dikira Brand Luar Negeriinstagram.com/makeoverid

Siapa di sini yang pernah mengira bahwa Make Over adalah merek kosmetik dari luar negeri? Mungkin sebagian dari kita pernah menyangka bahwa Make Over ini adalah versi ‘murah’ dari MAC. Pasalnya, packaging produk dari kedua brand ini memang kelihatan mirip.

Make Over adalah brand yang berasal dari dalam negeri. Dari sekian banyak brand kosmetik lokal, Make Over tergolong sebagai merek yang menyediakan berbagai jenis makeup lengkap untuk menunjang kebutuhan profesional. Soal kualitas, produk-produk dari Make Over patut diacungi jempol.

3. BLP Beauty

Local Pride, 10 Kosmetik Indonesia Ini Sering Dikira Brand Luar Negeriinstagram.com/blpbeauty

Punya kemasan yang simple dan elegan, produk kosmetik dari BLP Beauty sempat dikira sebagai produk dari merek kosmetik Korea. Padahal, BLP Beauty adalah sebuah gagasan dari seorang beauty vlogger tanah air, Lizzie Parra.

Produk pertama yang dirilis oleh BLP Beauty adalah lip coat. Seiring berjalannya waktu, Lizzie mulai menggagas produk-produk kosmetik lainnya, seperti eyeliner, compact powder, sampai dengan eyelashes.

4. Dear Me Beauty

Local Pride, 10 Kosmetik Indonesia Ini Sering Dikira Brand Luar Negeriinstagram.com/dearmebeauty

Hadir sebagai brand kosmetik premium, Dear Me Beauty nggak asal-asalan dalam menawarkan produknya. Pertama, packaging produk brand ini dibuat simple sehingga tampak seperti kosmetik mahal sekelas merk Fenty Beauty milik Rihanna. Kedua, kualitas kosmetiknya memang berasal dari bahan-bahan terbaik. Ketiga, jenis kosmetik yang dijual cukup lengkap, mulai dari makeup sampai skincare.

5. Rollover Reaction

Local Pride, 10 Kosmetik Indonesia Ini Sering Dikira Brand Luar Negeriinstagram.com/rollover.reaction

Dari segi nama maupun kemasan, brand yang akan kita bahas berikut ini juga sering diduga sebagai brand dari negara lain. Rollover Reaction sebenarnya adalah merek kosmetik yang dibuat oleh anak bangsa, Naya Tinanda.

Sama seperti BLP Beauty, awalnya Rollover Reaction hanya mengeluarkan satu jenis produk saja, yakni lip and cheek cream. Melihat sambutan konsumen yang antusias terhadap produk pertamanya, akhirnya Naya memutuskan untuk membuat produk kosmetik lain, seperti eye tint, face mist, dan eyebrow perfector.

6. Emina

Local Pride, 10 Kosmetik Indonesia Ini Sering Dikira Brand Luar Negeriinstagram.com/eminacosmetics

Kemasan yang cute dan colorful membuat kosmetik Emina disangka sebagai produk dari negeri ginseng. Yang membedakan hanya harganya saja. Kosmetik dari Emina dibanderol dengan harga yang sangat bersahabat, beda banget dengan produk dari brand Korea yang harganya mungkin masih sedikit mahal.

Sebagai brand kosmetik lokal, Emina cukup lengkap dalam menyediakan produk kosmetik untuk para konsumennya. Nggak cuma kebutuhan makeup saja, Emina turut menyediakan produk perawatan tubuh dan kulit wajah.

7. Luxcrime

Local Pride, 10 Kosmetik Indonesia Ini Sering Dikira Brand Luar Negeriinstagram.com/luxcrime_id

Dengan mottoI, Make Up, Skin, Happy :)”, Luxcrime hadir untuk meramaikan dunia kecantikan tanah air. Brand ini identik dengan packaging produknya yang didominasi dengan warna hijau tosca tua. Tentu saja Luxcrime juga mengemas produknya dengan desain yang simpel dan elegan.

Untuk ukuran brand yang tergolong baru, Luxcrime sudah cukup totalitas dalam memproduksi kosmetik. Hal ini bisa dibuktikan dari kelengkapan produknya, mulai dari makeup sampai dengan skin care. Brand ini juga sempat menggandeng sejumlah influencer untuk mempromosikan produknya, yakni Rachel Goddard, Titan Tyra, dan Shafa Harris.

8. Moko Moko

Local Pride, 10 Kosmetik Indonesia Ini Sering Dikira Brand Luar Negeriinstagram.com/mokomoko_id

Sama seperti Emina, banyak orang yang menganggap Moko Moko sebagai merek kosmetik asal Korea Selatan. Anggapan tersebut karena kemasan produk Moko Moko yang imut dan penuh warna seperti ciri khas kosmetik dari Korea.

Bagi kamu yang suka merias wajah dengan riasan ala cewek Korea, kamu bisa mencoba produk makeup dari Moko Moko. Brand ini menyediakan makeup dengan warna-warna yang soft sehingga cocok untuk menunjang kebutuhan merias wajah ala cewek Korea.

9. Mineral Botanica

Local Pride, 10 Kosmetik Indonesia Ini Sering Dikira Brand Luar Negeriinstagram.com/mineralbotanica

Jika brand kosmetik lokal lain yang ada di daftar ini lebih berfokus ke produk makeup, Mineral Botanica justu lebih concern ke produk skincare. Brand ini mengklaim bahwa produknya merupakan jenis kosmetik organik yang sudah pasti ramah untuk kulit. Mulai dari produk perawatan kulit tubuh sampai wajah semuanya disediakan oleh Mineral Botanica. Harga produknya juga tergolong standar dan masih ramah di kantong.

10. PAC

Local Pride, 10 Kosmetik Indonesia Ini Sering Dikira Brand Luar Negeriinstagram.com/paccosmetic

Kalau melihat produk kosmetik dari PAC, mungkin kamu juga bakal teringat dengan produk yang diproduksi MAC, ya? Bedanya, PAC merupakan brand lokal yang diproduksi di bawah naungan Martha Tilaar. PAC adalah brand yang menyediakan kebutuhan makeup untuk profesional. Kamu bisa menemukan kebutuhan makeup apapun di brand ini.

Jadi, dari kesepuluh brand lokal di atas, mana yang jadi favoritmu, Bela?

Baca Juga: 8 Lipstik dari Brand Kosmetik Artis yang Wajib Kamu Coba

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama 

Baca Juga: 3 Cara Mudah Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu