Sulam Alis: Pengertian, Prosedur, Beserta Efek Sampingnya

Sulam Alis: Pengertian, Prosedur, Beserta Efek Sampingnya

Alis tampak lebih rapi dan berisi

Sulam Alis: Pengertian, Prosedur, Beserta Efek Sampingnya

Memiliki bentuk alis yang proporsional adalah keinginan banyak orang, tertama para perempuan. Sebab, alis merupakan salah satu bagian wajah yang sangat memengaruhi penampilan. Tak heran jika mereka kemudian rela melakukan berbagai cara untuk mempercantik alis mereka. 

Nah, salah satu cara untuk mempercantik bentuk alis adalah dengan melakukan prosedur sulam alis. Tujuan dari prosedur kecantikan ini ialah untuk memperbaiki bentuk alis agar tampak lebih menarik. 

Namun sebelum melakukan prosedur sulam alis, kamu perlu mengetahui lebih dulu pengertian sulam alis, prosedur, dan hal-hal yang penting lainnya. Maka dari itu, simak ulasan berikut ini untuk menemukan jawabannya ya, Bela!

1. Apa itu sulam alis?

Sulam Alis: Pengertian, Prosedur, Beserta Efek Sampingnyafreepik.com

Sulam alis merupakan prosedur kecantikan yang mengisi alis dengan menanamkan pigmen berwarna pada alis. Pigmen tersebut tampak seperti rambut alis asli dan dibuat sesuai dengan arah pertumbuhan rambut alis aslinya. 

Prosedur ini perlu dilakukan oleh ahli kecantikan atau tenaga profesional. Sebab, sulam alis dikerjakan dengan alat berupa jarum halus dan tinta khusus untuk alis. Nantinya, alat tersebutlah yang akan membuat goresan menyerupai alis aslinya. 

Teknik yang dipakai untuk membuat alis tersebut cukup beragam dengan berbagai tipe. Namun, semuanya sama-sama memasukkan tinta ke bagian alis sampai ke permukaan kulit. 

Meskipun akan menimbulkan sedikit rasa sakit, tetapi banyak perempuan rela melakukan sulam alis. Sebab, hasil dari sulam alis ini akan bertahan hingga 2-3 tahun lamanya.

2. Prosedur sulam alis

Sulam Alis: Pengertian, Prosedur, Beserta Efek Sampingnyafreepik.com

Melakukan prosedur sulam alis tidak hanya sekali jadi, melainkan memerlukan sejumlah sesi untuk sampai sempurna. Pertama, ahli kecantikan akan membersihkan rambut halus di alismu dan memetakan bentuk sesuai dengan wajahmu. 

Selanjutnya, mereka akan memberikan krim anestesi pada alis supaya rasa nyeri yang dirasakan pada proses penyulaman tidak terlalu terasa. Barulah setelah itu, ahli tersebut akan membuat irisan kecil di sekitar alis menggunakan pisau bedah tipis. 

Pada sayatan tersebut, mereka akan memberikan pigmen warna sesuai bentuk alis. Setelah selesai kurang lebih 1-2 jam lamanya, alismu kemungkinan akan mengalami reaksi peradangan yang akan hilang dalam beberapa jam. 

3. Perawatan setelah sulam alis

Sulam Alis: Pengertian, Prosedur, Beserta Efek Sampingnyafreepik.com

Dikarenakan adanya risiko peradangan pada alis, kamu perlu melakukan perawatan supaya terhindar dari infeksi. Perawatan tersebut di antaranya adalah dengan cara menjaga area alis selalu kering, setidaknya 10 hari usai melakukan sulam alis. 

Kemudian, selama itu pula, hindari menggunakan makeup di alis setidaknya selama 7 hari. Kamu juga jangan sampai menyentuh atau sampai menggaruk area sekitar alis yang baru saja disulam. 

Sebelum benar-benar sembuh, hindari aktivitas yang bisa menyebabkan wajah berkeringat, misalnya olahraga dan renang. Lalu yang terakhir, hindari sinar matahari langsung supaya tidak terjadi hiperpigmentasi di area alis. 

4. Efek samping sulam alis

Sulam Alis: Pengertian, Prosedur, Beserta Efek Sampingnyafreepik.com

Meskipun sulam alis akan membuat penampilan makin cantik jika berhasil, tetapi juga berisiko menimbulkan berbagai efek samping. Efek samping tersebut di antaranya adalah alergi dan infeksi. 

Alergi kemungkinan akan terjadi karena sulam alis menggunakan tinta khusus untuk menanamkan pigmennya. Nah, tinta tersebut bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kamu melakukan tes alergi lebih dulu sebelum melakukan sulam alis. 

Selain alergi, sulam alis juga bisa menimbulkan infeksi jika alat-alat yang digunakan tidak disterilisasi dengan baik. Maka dari itu, penting untuk mencari ahli profesional yang benar-benar expert dalam sulam alis. 

Infeksi terjadi apabila setelah melakukan sulam alis kamu mengalami pembengkakan, muncul luka setelah 2 minggu, nyeri tak berkesudahan, hingga bernanah atau berdarah. Jika mengalami hal tersebut maka segeralah untuk pergi ke dokter. 

5. Hal yang perlu diperhatikan sebelum sulam alis

Sulam Alis: Pengertian, Prosedur, Beserta Efek Sampingnyafreepik.com

Terakhir sebelum kamu benar-benar melakukan sulam alis, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai berikut. 

1. Lakukan riset sebelum melakukan sulam alis di tempat tertentu

Memiliki harga yang murah atau mahal bukan menjadi jaminan bahwa hasil sulamanmu akan menjadi bagus. Lebih baik, kamu benar-benar mencari salon atau ahli yang berkualitas dengan cara melakukan riset kecil-kecilan. Jadi, kamu pun akan puas dengan hasilnya dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

2. Perhatikan ruangan dan peralatan yang digunakan

Selain ahli yang tepat dan berkualitas, kamu juga perlu memastikan bahwa prosedur sulam alis dilakukan dengan peralatan yang steril. Mata pisau bedah dan jarum untuk sulam alis harus sekali pakai.

Mintalah ahli sulam tersebut untuk membuka segelnya di depanmu untuk memastikannya. Sebab, pisau dan jarum yang tidak steril bisa menularkan penyakit seperti hepatitis sampai HIV. 

3. Sulam alis tidak bebas risiko 

Hampir sama dengan berbagai metode kecantikan lainnya, sulam alis juga tetap memiliki risiko tersendiri. Risiko tersebut di antaranya adalah alergi hingga infeksi. Maka dari itu, penting untuk memilih ahli sulam alis yang tepat dan melakukan perawatan setelah prosedur. 

Itulah berbagai hal mengenai sulam alis, mulai dari pengertian sampai efek sampingnya. Setelah ini, kamu tidak perlu ragu lagi apakah akan melakukan sulam alis atau tidak. Semoga ulasan di atas membantu, ya!

Baca Juga: 10 Parfum Perempuan Terbaik yang Wanginya Awet Berhari-hari

Baca Juga: 8 Bedak Padat untuk Kulit Berminyak yang Tahan Lama, Apa Saja?

Baca Juga: 8 Parfum yang Tercium dari Jarak Jauh, Wangi Sepanjang Hari!

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Penampilan Im Soo Hyang yang Selalu Tampak Awet Muda

Penampilan Im Soo Hyang yang Selalu Tampak Awet Muda

trending

Trending

Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Make Up

Lagi Berseteru, Adu Pesona Kimmy Jayanti vs Garneta Haruni 

Lagi Berseteru, Adu Pesona Kimmy Jayanti vs Garneta Haruni